KPU Gunungsitoli Tetapkan Dukungan Calon Perseorangan

0
94

Gunungsitoli-Intipnews.com:Komisi Pemilihan Umum Daerah [KPUD] Kota Gunungsitoli menetapkan banyak jumlah dukungan calon perseorangan untuk pemilihan kepala daerah [Pilkada] tahun 2020 di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara [foto].

Jumlah dukungan calon perseorangan yang telah ditetapkan KPU Kota Gunungsitoli sejumlah 8.786 pemilih. Demikian diungkapkan Ketua KPU Firman Gea pada sosialisasi tahapan dan dukungan calon perseorangan di De Pakar Resto, Kota Gunungsitoli, Rabu 20 November 2019.

Menurut dia, jumlah tersebut diambil sebanyak sepuluh persen dari jumlah daftar pemilih tetap [DPT] terakhir di Kota Gunungsitoli 87.869 pemilih.
Tidak lupa dia memberitahu, tahapan Pilkada di Kota Gunungsitoli telah dimulai, dimana tahapan diawali penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah [NPHD] dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli beberapa waktu lalu.

“Bukan hanya partai politik yang bisa mendukung calon kepala daerah, tetapi bisa dilakukan dengan mengumpulkan kartu tanda penduduk [KTP] masyarakat dengan batas minimal,” jelasnya.

Dia meminta tokoh masyarakat memberi pemahaman kepada masyarakat terkait syarat calon perseorangan dengan tujuan supaya banyak yang mau maju menjadi calon kepala daerah di Kota Gunungsitoli.

“Kita minta tokoh masyarakat mendorong siapa saja yang berpotensi maju dengan cara perseorangan, kalau boleh setiap kecamatan di Kota Gunungsitoli ada yang maju,” harapnya.

Mekanisme  Syarat-syarat Maju

Di tempat yang sama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Gunungsitoli Abdul Majid Chaniago menyambut baik pelaksanaan sosialisasi. Dia mewakili Walikota Gunungsitoli berharap semua tahapan Pilkada ke depan dapat terlaksana dengan baik.

“Bentuk partisipasi dan dukungan Pemko Gunungsitoli untuk penyelenggaraan Pilkada adalah pemberian dana hibah untuk KPU,” ucapnya. Kaban Kesbangpol mengatakan suksesnya Pilkada bukan hanya dibebankan kepada Kpu, tetap harus ada dukungan dari semua pihak.

“Kita harus bersama sama mendukung pelaksanaan Pilkada dengan tujuan dapat berjalan dengan baik dan melahirkan sosok pimpinan yang baik,” ajaknya.

Sebelumnya Sekretaris KPU Petrus Panjaitan memberitahu jika tujuan sosialisasi adalah untuk menyampaikan kepada stake holder tentang jadwal tahapan Pilkada tahun 2020. Selain itu ia menyampaikan mekanisme tentang syarat-syarat maju sebagai calon perseorangan pada Pilkada Kota Gunungsitoli tahun 2020.

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini