KPU Kota Binjai Pemutakhiran Data Pemilih

27
KPU Kota Binjai Pemutakhiran Data Pemilih
Walikota Amir Hamzah menandatangani data KPU Binjai. (Foto: Ist)

BinjaiIntipnews: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai dan Pemko Binjai melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Dukungan Pelaksanaan Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, Jumat (20/08/21).

Penandatangan kesepakatan dilakukan Ketua KPU Kota Binjai Zulfan Effendi ST dan Walikota Drs Amir Hamzah MAP yang disaksikan oleh Asisten I Sekdako Binjai Ernawati SH, Plt Kepala Inspektorat Binjai Eka Edi Saputra, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Kadisdukcapil) Kota Binjai Rahmat, Kabag Pemerintahan Sekdako Binjai Zulfikar serta jajaran Komisioner KPU Kota Binjai.

Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi ST mengatakan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilakukan agar data pemilih Kota Binjai semakin akurat sehingga tidak ada masyarakat yang tidak bisa ikut serta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dikarenakan tidak terdata.

“Kegiatan ini sudah dari awal Januari dilaksanakan untuk melakukan pendataan pemilih. Baik pemilih yang berusia 17 tahun, pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti pemilih yang sudah meninggal, beralih status dari TNI-Polri, serta pemilih yang pindah domisili”, jelas Ketua KPU.

“Dengan data pemilih yang baik maka diharapkan hasil Pemilu akan lebih baik lagi”, lanjutnya.

Zulfan Effendi ST menambahkan sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Binjai.

Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP mengatakan, Pemilu semakin dekat dimana kita harus memantapkan kesiapan, baik itu situasi keamanan, ketertiban dan penyelenggaraan itu sendiri. 

Pemilu ke depan bukan semakin mudah melainkan semakin kompleks, seiring meningkatnya pengetahuan, perhatian dan partisipasi masyarakat terhadap Pemilu. Oleh karena itu semua permasalahan harus diantisipasi sedini mungkin.

“Pemerintahan Kota Binjai menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan dilakukannya pemutakhiran data Pemilu ini, diharapkan untuk Pemilu ke depan, datanya lebih akurat tidak direkayasa,” ujar Walikota. * Itp/Riza