Medan-Intipnews.com:Komisi Pemilihan Umum [KPU] Kota Medan menggelar simulasi pemungutan penghitungan suara dan penggunaan Sirekap di halaman Kebun Bunga Tjong Yong Hian Jalan Kejaksaan No 36 Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, Sabtu 17 Oktober 2020 [foto].

Kegiatan dimulai pukul 7.00 WIB dengan persiapan TPS yang dilakukan para petugas KPPS dan berakhir pada penghitungan suara di TPS. Kegiatan dikoordinir Komisioner KPU Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair dibuka Plt Ketua KPU RI Ilhamsyah.

Dihadiri Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi para komisioner lainnya Nana Minarti, Edy Suhartono, Zefrizal, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan serta anggota, Ketua Bawaslu Medan Sipayung Harahap bersama anggotanya, Forkominda Kota Medan dipimpin Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT.

“Kegiatan simulasi merupakan yang kelima dan pertama di luar pulau Jawa yang sudah kita laksanakan,” ujar Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting. Menurutnya bagi KPU kabupaten/kota menerapkan di TPS nya untuk menggunakan protokol kesehatan, sehingga bisa mencegah penyebaran Covid 19.

Sedangkan Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT pada saat itu mengutarakan, tantangan besar yang dihadapi pada Pilkada Medan tahun 2020, yakni dapat menghadirkan pemilih ke TPS-TPS yang ada tersebar di seluruh wilayah Kota Medan.

Sebelumnya, komisioner Bawaslu RI M Afifuddin kepada wartawan di sela-sela simulasi mengakui, proses pemungutan suara Pilkada di tengah pandemi Covid 19 ini berjalan lama. Sebagai solusi ia meminta KPU menambah jumlah bilik suara. * Itp-04

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini