KPU Tobasa Sosialisasi Pilkada ke Wartawan

0
129

Balige-Intipnews.com:Komisi Pemilihan Umum [KPU] Kabupaten Toba Samosir [Tobasa] melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tobasa Tahun 2020, Sabtu 21 Desemberr 2019 di Kantor KPU Soposurung Balige.

Sosialisasi ini, dilaksanakan khusus diperuntukkan kepada wartawan media cetak, media online maupun elektronik. KPU Tobasa menyampaikan informasi tahapan Pilkada Tobasa melalui wartawan yang ada di Tobasa [foto].

Sosialisasi ke -2 dan ke-3 untuk mensosilisasikan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tobasa. Ketua KPU Tobasa, Henry Pardosi menyampaikan, dasar dari kegiatan ini adalah  Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019.

Tentang Perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, WaliKota dan Wakil Walikota tahun 2020.

Yang diimplementasikan kepada Keputusan KPU Kabupaten Tobasa Nomor 116/PP.01.2-Kpt/1212/KPU-Kab/XI/2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tobasa Tahun 2020.

Pada kegiatan tersebut, Henri, meminta tahapan ini diawasi bersama oleh Insan Pers,  jangan sampai tidak terlaksana semua tahapan Pilkada  kepada masyarakat Tobasa.

Menurut Henri, sosialisasi calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati telah dilaksanakan minggu kemarin di SMK1 Balige dan hari ini sosialisasi penyelenggaraan Pilkada kepada  insan pers.

Calon Perseorangan dari Jumlah DPT Sebelumnya 126.148 Orang

“KPU Tobasa dengan membuka diri dan memberikan informasi seluas-luasnya sebagai bentuk keterbukaan KPU kepada seluruh stakeholder,” ujarnya.

Komisioner KPU Bidang Partisipasi Masyarakat [Parmas] Sugar Fernando Sibarani mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan Insan Pers mau menyosialisasikan kepada masyarakat dengan harapan masyarakat Tobasa mengetahui tahapan Pilkada telah dimulai.

Selain itu, Komisioner KPU Tobasa Divisi Teknis , Rantu Pasaribu SE menyampaikan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan tanggal 16-18 Juni 2019 secara serentak semua calon perseorangan, pencalonan dari partai politik atau gabungan partai politik dilaksanakan secara bersamaan.

Dikatakannya, calon perseorangan dari  Jumlah DPT sebelumnya 126.148 orang, maka Calon perseorangan harus menyerahkan 10% atau minimal 12.615 dukungan  dan tersebar minimal di 9 Kecamatan se-Tobasa.

  • Laporan Manuala Tampubolon
  • Bagikan Berita Ini                                                                                   #intipnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini