Kurban di Binjai Dipredikasi Turun 25%

9
Kurban di Binjai
Jumlah hewan kurban di Binjai dipredikasi turun 25%

BinjaiIntipnews.com:Kurban diprediksi turun berkisar antara 20 hingga 25 persen pada momentum hari raya Idul Adha 1442 Hijriah di Kota Binjai, Sumatera Utara dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kita perkirakan jumlahnya turun antara 20 sampai dengan 25 persen. Sebab dari pengamatan pada beberapa panitia kurban di sejumlah masjid,” ucap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Jefri Helmi [foto].

Menurut Jefri, Kamis, 15 Juli 2021, penurunan daya beli sebagai imbas penurunan kemampuan ekonomi masyarakat selama pandemi Covid 19 merupakan faktor utama yang menyebabkan terjadinya penurunan pembelian hewan kurban yang akan disembelih pada tahun ini.

Kurban dipredikasi turun 25%. “Faktornya masih terkait penurunan daya beli. Sebab kalau dilihat dari populasi dan harga hewan kurban sendiri sejauh ini masih relatif stabil. Apalagi Kota Binjai merupakan salah satu daerah pemasok hewan kurban di Sumatera Utara,” terangnya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai sendiri memang mencatat adanya tren penurunan jumlah hewan yang disembelih di Kota Binjai dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya pada 2019 atau di saat momentum Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, tercatat 1.595 ekor lembu yang disembelih.

Sementara untuk kambing dan domba, jumlah yang disembelih mencaoai 765 ekor. Pada 2020 atau saat Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, jumlah lembu dan sapi yang disembelih sebanyak 890 ekor, serta kambing dan domba sebanyak 167 ekor.

Laporan Riza Nilwansyah