Sidimpuan-Intipnews.com:Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendin Nasution mendatangi Ganti Pasaribu, korban banjir di Desa Labuhan Rasoki, Kecamatan Sidimpuan Tenggara, Rabu 23 September 2020 [foto].

Banjir di Sidimpuan diawali hujan lebat mengguyur pada Selasa [22/9] sore sampai tengah malam. Menyebabkan sungai Labuhan Rasoki meluap, sekira pukul 22:00 WIB membawa potongan kayu dari hulu di bukit Dolok Parlobaan hutan Suaka Margasatwa [SM] Barumun.

Di belokan sungai dekat jembatan, air menerjang tanggul menembus pemukiman warga hingga balairung pasar di samping Pasar Labuhan Rasoki. Air menerjang rumah dan warung milik Ganti Pasaribu.

“Air masuk ke warung, dan ketika saya masuk ke dapur sudah setinggi pinggang. Saya lihat dinding belakang sudah jebol,” kata Ganti.

Irsan Efendi meninjau areal yang diterjang luapan air. Bekas lintas air itu lebarnya mencapai 50 meter dari pinggir sungai dan panjang 500 meter. “Saya pastikan tahun depan sedimen sungai ini dibersihkan dan dibangun tanggul berkonstruksi beton,” jelas Walikota.

Kepada Ganti Pasaribu diminta bersabar, karena ini musibah yang sama-sama tidak diinginkan. Walikota menyerahkan santunan untuk membantu perbaikan dapur yang rusak.
“Jangan tebangi pohon. Selain melindungi kita dari bencana, juga masa depan anak cucu kita,” kata Walikota.

Ganti Pasaribu berharap normaliasi dan pembangunan tanggul benar-benar memutus derita warga yang selalu dicekam rasa takut akan bencana banjir seperti ini. * Itp-09

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini