LaporCovid 19 Mengungkap, Meninggal Sebelum Dapatkan RS dan ICU

29
LaporCovid 19 Mengungkap
LaporCovid 19 mengungkap, meninggal sebelum dapatkan RS dan ICU. Ilustrasi Istimewa

JakartaIntipnews.com:LaporCovid 19 mengungkap, warga meninggal sebelum dapatkan RS dan ICU. Berdasarkan hasil pencarian rumahsakit [RS] yang dilakukan oleh LaporCovid 19 selama seminggu terakhir, banyak RS menolak pasien karena tidak ada ketersediaan tempat tidur.

Pasien yang tidak dapat mendapatkan kasur di Instalasi Gawat Darurat [IGD] harus bertahan di rumah dengan ketersediaan alat seadanya dari Puskesmas. Bahkan harus berakhir tragis meninggal dunia, karena tidak mendapatkan pertolongan secepatnya.

LaporCovid-19 mengungkap, selama seminggu terakhir [14-25 Juni 2021], LaporCovid-19 menerima setidaknya 43 laporan warga untuk permintaan rumahsakit. Hasilnya, hampir seluruh RS yang dihubungi LaporCovid 19 menunjukkan ruang ICU Intensive Care Unit [ICU], isolasi, dan IGD sudah terisi penuh.

Salah satu di antara pasien gawat darurat seorang laki-laki 59 tahun tengah berada di salah satu rumah sakit di Depok dan memerlukan ICU dengan ventilator. Sabtu malam [19/6/21] hingga Minggu dini hari kami [ LaporCovid-19] mengontak 95 Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu [SPGDT] yang berada di Jabodetabek, hingga Minggu [20/6] menjelang dini hari.

Namun, dari 95 Rumah Sakit itu, 36 memberitahukan ruang ICU mereka penuh, termasuk RS di Depok, RS, RSUD Pasar Minggu dan RS lainnya di Jakarta. Sementara, delapan RS menyampaikan tidak memiliki ruang ICU dan 51 RS sama sekali tidak merespon. Hingga akhirnya pagi sekitar pukul 05.00 WIB pasien meninggal dunia karena tidak mendapatkan layanan kesehatan.

Dari 43 laporan, 15 di antaranya mengalami kondisi kegawatdaruratan medis, sehingga memerlukan pertolongan sesegera mungkin. Kondisi pasien pada umumnya dengan saturasi oksigen rendah, demam tinggi, disertai mual. Sayang beberapa Puskesmas juga agak lambat merespon bantuan. Untuk mencari RS, selain menghubungi secara langsung SPGDT RS, kami juga mengontak Dinas Kesehatan. Selain itu beberapa kali kami juga merujuk pada ketersediaan kamar situs SIRANAP Kemenkes.

Bertemu Menteri Ceko

Diketahui, LaporCovid-19, adalah wadah [platform] sesama warga untuk berbagi informasi mengenai angka kejadian terkait Covid 19 di sekitar kita. Pendekatan bottom-up melalui citizen reporting atau crowdsourcing agar setiap warga bisa ikut menyampaikan informasi seputar kasus terkait Covid 19.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi:Website:www.laporcovid19.org, IG: @laporcovid19, Twitter: @laporcovid, FB: Koalisi Warga LaporCovid-19. Atau hubungi: Windy Relawan LaporCovid-19 [+62 881 0269 19144].

* Itp-02