Mahasiwa FIB USU Praktik Adat Melayu

0
401
Mahasiswa-mahasiswi Sastra Melayu FIB USU berfoto bersama usai praktik Adat Melayu bersama dosen pengampu

“Acara makan nasi hadap-hadapan sebuah tradisi Melayu ditemui di upacara pernikahan,” ungkap Dr Rozanna…

 Medan-Intipnews.com:Mahasiswa-mahaswi Program Studi Sastra Melayu Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara [FIB USU] melaksanakan praktik kuliah akhir semester, untuk mata kuliah Upacara Adat Melayu dan berpantun Melayu.

Kegiatan diampuh Dr Rozanna Mulyani, M.A, melalui acara “Makan Nasi Hadap-hadapan”, Sabtu 21 Desember 2019 siang di gedung A FIB USU. Praktik kuliah ini dihadiri dosen dan mahasiswa-mahasiswi.

Sebagai pemimpin acara Datuk Chairul Anwar merupakan telangkai pakar dalam bidang upacara Adat Melayu. Mahasiswa yang ada di dalam ruangan pun sangat gembira menyambut praktik tersebut.

“Sehingga kelak mereka dapat mengaplikasikan teori yang sudah mereka dapat dari dosen pengampuh pada mata kuliah upacara Melayu dan berpantun Melayu,” ujar mahasiswa Boy Desmana.

Dalam acara makan nasi hadap-hadapan ini pun mahasiswa mengambil peran sebagai Pengantin, Mak Inang [pihak pengantin perempuan] dan pihak pengantin laki-laki.

Selain itu dalam melaksanakan acara adat tersebut  tidak terlepas dari pantun, sebagai berikut:

Nasi pengantin terhidang sudah

Lauk pauknya kue dan haluwa

Disusun rapi ditata indah

Laksana taman bertabur bunga

Boy menambahkan, ruangan pun menjadi ramai ketika pengantin memperebutkan bunga dan ayam yang ada di dalam nasi.  Semua hasil yang mereka rebutkan mempunyai makna untuk mereka.

“Acara makan nasi hadap-hadapan adalah sebuah tradisi adat Melayu yang sering kita temui pada upacara pernikahan. Tujuan dari acara nasi hadap-hadapan ini agar mempererat tali silaturahmi antara kedua belah pihak,” ungkap Dr Rozanna Mulyani, M. A.

Namun, sebutnya, kali ini kita melakukan praktik secara langsung agar mahasiswa-mahasiswi menjaga Budaya Melayu, dan dapat mengaplikasikan di kemudian hari. * Itp-Sarah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini