Mahfud MD usai seminar di UINSU, menjawab pertanyaan wartawan

Medan-Intipnews.com:Menteri Politik, Hukum dan HAM [Polhukamm], Mahfud MD cerita tentang asal bangsa Indonesia pada zaman Soekarno. Mahfud menjadi keynotes speaker utama di seminar nasional dan seribu shalawat di UINSU  dengan tema ‘Kembali ke Islam Pancasila: Inspirasi Bung Karno’ di jalan Sutomo Ujung, Medan Selasa 26 November 2019.

Pada Seminar di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara [UINSU], menurut Mahfud momen pancasila memiliki dua arti. Bagaimana melaksanakan ajaran Islam di dalam dasar yang diduduki dari beberapa negara pancasila dan bagaimana nilai-nilai Islam mewarnai pelaksanaan dasar ideologi negara pancasila.

“Islam bisa tumbuh di negara pancasila, NKRI. Sebaliknya jika dijiwai nilai-nilai agama, termasuk agama Islam karena semua agama di dunia ini pasti turun untuk membawa pesan kebaikan manusia,” ungkap Mahfud.

Ideologi Pancasila Harus Sampai Akar Rumput

Dikatakannya, adanya ideologi dalam negara pacasila yang berkaitan dengan agama Islam. Mahfud masih menjelaskan terkait ideologi dalam negara pancasila. Namun ia menjelaskan 85% dahulunya di Indonesia beragama Islam.

“Dan kemudian atas dasar apa negara ini didirikan, yang satu mengatakan negara ini harus dijadikan Islam, karena 85% rakyat Indonesia itu Islam pada waktunya,” ucapnya. Namun, jelas Mahfud, Soekarno menginginkan negara Indonesia dalam satu kesatuan untuk bisa tumbuh subur walaupun Soekarno sendiri beragama Islam.

“Umat Islam boleh mengajarkan agamanya, dengan baik tanpa harus mendiskriminasi, tanpa harus berperang dan berbenturan. Hingga pada akhirnya berkompromi yang disebut dengan pancasila,” tuturnya.

Sementara ketika ditanya wartawan usai seminar terkait pelaku radikal, Mahfud menyebutkan, perlunya komitmen kampanye ideologi pancasila. “Presiden punya komitmen bahwa ideologi pancasila itu harus sampai akar rumput, dan kepada kita semua,” tukas Mahfud.

  • Laporan Roni Neliati
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini