Melukiskan Bulir Keringat Petani

0
70
Harvest Cat minyak di kanvas 65 x 90 cm, karya Huang Fong. [inzet] Drs Azmi, M.Si Foto Istimewa

Oleh Drs Azmi, M.Si

Intipnews.com:BIASANYA wanita selalu dilukis tentang kemolekan dan kelembutan kulitnya yang bak sawo matang. Kali ini penulis ingin menunjukkan kehebatan yang dimiliki wanita umumnya yang tinggal di wilayah pedesaan. Kaum hawa punya aktivitas yang kompleks sebagai penggarap sawah. Istilah awamnya mereka adalah pekerja di bidang olah mengolah tanah, katakanlah sebagai petani yang menanam padi.

Ada beberapa pelukis yang sering mengangkat wanita yang sibuk bekerja di bawah teriknya matahari. Mereka ini juga pandai melukiskan wanita-wanita molek yang terjun ke sawah untuk memanen hasil kerjanya. Dengan wajah yang lelah tetapi para wanita petani ini masih dapat tersenyum sumringah kala melihat hasil panennya berlimpah.

Pulang Panen. Cat minyak di kanvas 67 x 47 cm,
karya Hasyim. Foto Istimewa

Berbagai gaya lukisan yang rata-rata unik itu dibuat oleh tangan-tangan terampil para pelukis. Satu di antaranya adalah Hasim yang dalam kancah senirupa nasional kurang popular. Namun setelah ditelusuri karya lukisan Hasim justeru mampu menumbuhkan rasa kagum kita terhadap kaum hawa. Jadi dia melukiskan wanita dari sisi yang berbeda walaupun masih dalam lingkup lanskap [lukis alam].

Goresan yang menonjolkan tarikan kuas begitu luar biasa ditambah olahan warna yang dekat dengan aslinya. Jadilah lukisan karya Hasim enak di lihat berlama-lama, terutama pengungkapan sisi detailnya. Wajah figur wanita petani yang bersahaja, lugu, sederhana itu selaras pula dengan latar padi-padian.

Sebuah kisah tentang wanita petani yang dahulu berlimpah di depan mata, sekarang sudah sulit kita menyaksikannya. Beruntunglah generasi zaman kini masih bisa melihat kehidupan puluhan tahun lampau tersaji di dalam lukisan. Lukisan wanita yang sedang memanggul padi yang sudah dipotong, lalu diikat dan dipindahkan ke tempat tertentu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini