Laksdya TNI Yudo Margono memberikan keterangan pers .Foto Istimewa

China mengecam Indonesia yang menggunakan putusan pengadilan aribtrase Laut Cina Selatan untuk mengklaim kedaulatan perairan Natuna…

Jakarta-Intipnews.com:Soal kapal penjaga laut China muncul di perbatasan perairan Natuna Utara mengawal penangkapan ikan secara ilegal memanas. Mereka diketahui masuk wilayah Zona Ekonomi Eksklusif [ZEE] Indonesia secara ilegal.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Sabtu 4 Januari 2020, anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mengatakan, pemerintah Indonesia harus mengambil sikap tegas atas klaim China terkait perairan Natuna.

“Berbagai kerjasama bilateral yang sedang dibahas bisa saja kita tunda atau dibatalkan. Kita juga bisa menggalang negara-negara ASEAN untuk tidak berpartisipasi dalam inisiatif-inisiatif multilateral yang diinisiasi China di forum internasional,” kata Charles di Jakarta, Sabtu 4 Januari 2020.

Ke depan, katanya, angkatan bersenjata dan penegak hukum RI hendaknya jangan ragu untuk menegakkan kedaulatan negara. Perbanyak patroli dan pertebal kehadiran negara di perairan Natuna.

Ancaman Pelanggaran Wilayah Indonesia

Politikus PDIP ini menilai intrusi kapal Coast Guard RRT di Perairan Natuna adalah pelanggaran terhadap ZEE Indonesia, yang ditetapkan berdasarkan United Nations Convention on the Law of the Sea [UNCLOS] 1982.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini