Menhub Budi-Gubsu Edy Bahas Bangun LRT di Kota Medan

0
5
Menhub Budi Kaya dan Gubsu Edy bahas bangun LRT di Kota Medan

MedanIntipnews.com:Menhub Budi Karya Sumadi kunjungan kerja di Medan. Bersama Gubsu Edy Rahmayadi membahas Pembangunan LRT di Kota Medan. “Kami berdiskusi soal pembangunan kereta api ringan LRT, dan Bus Rapid Transit [BRT],” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya dalam keterangannya, Minggu 30 Mei 2021.

Kunjungan Budi Karya Sumadi ke Medan, Sabtu [29/5]. Bersama Gubernur Sumatera Utara [Gubsu], Edy Rahmayadi dan Walikota Medan Bobby Nasution membahas rencana pengembangan angkutan massal, membangun Light Rail Transit [LRT] di Medan.

Budi menjelaskan, untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Medan dan sekitarnya, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur transportasi massal yang terintegrasi.

Menhub menyebut, Kemenhub telah melakukan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi perkotaan di Medan, seperti kereta bandara dari Kota Medan menuju ke Bandara Kualanamu.

Rencananya akan dilanjutkan pembangunan jalur kereta tersebut hingga ke daerah Binjai dan Belawan. Kota Medan menjadi salah satu kota dari sejumlah kota di Indonesia yang akan dibangun LRT.

“Kita merencanakan pembangunan LRT dan Bank Dunia [World Bank] memilih Medan sebagai salah satu pilihan untuk dikembangkan selain Bandung,” tutur Budi.

Kemudian, rencana pembangunan BRT, Menhub menjelaskan, di Kota Medan akan dibangun angkutan massal berbasis bus dengan konsep Buy The Service [BTS] yang akan disubsidi pemerintah.

“Pembangunan angkutan massal di Sumatera Utara ini akan kita lakukan secara intensif. Sebentar lagi kita akan menyelesaikan Terminal Tipe A Amplas di Medan dan juga terminal air untuk transportasi bus air untuk mendukung destinasi wisata Danau Toba,” tukas Budi.

Terkait pembangunan transportasi massal itu, Gubsu Edy menilai hal itu sangat penting karena setiap tahun pertambahan penduduk mencapai 0,3 persen. Saat ini jumlah penduduk Sumut sekitar 15 juta jiwa. Dari data, kawasan Medan-Binjai-Deliserdang-Karo [Mebidangro] mecapai 5,6 juta jiwa.

“Kita lihat di kawasan Mebidangro jumlahnya padat. Kalau semua pakai mobil pribadi, ini [lalulintas] bisa stagnan. Karena itu kami terus sampaikan kepada Bapak Menteri Perhubungan [permohonan pembangunan fasilitas transportasi massal],” kata Edy didampingi Kadishub Sumut Alfi Syahriza, Kadis Kominfo Irman Oemar.

  • Itp-04