Muhammad Kece Resmi Tersangka Penistaan Agama

24
Muhammad Kece Resmi Tersangka Penistaan Agama
Muhammad Kace Murtadin alias Muhammad Kece. (Foto: Ist)

JakartaIntipnews: Setelah berhari-hari membuat kegaduhan di jagat maya dengan pernyataan-pernyataannya yang dinilai menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW di YouTube, akhirnya Muhammad Kace Murtadin alias Muhammad Kece (MK) ditangkap polisi, Rabu (25/8/2021).

Kece ditangkap dan diboyong ke Bareskrim Polri di Jakarta untuk menjalani pemeriksaan secara intensif. Sebelum ditangkap Tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Muhammad Kece sempat bersembunyi di Bali untuk menghindari kejaran aparat penegak hukum.

“Ya betul, MK ditangkap,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono. Hanya saja, Argo belum bisa membeberkan pasal sangkaan yang akan diberikan kepada youtuber tersebut.

Sebelumnya, Muhammad Kece dilaporkan oleh sejumlah pihak soal videonya yang diduga menistakan agama. Kepala Badan Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan mengatakan, tim penyidik telah meningkatkan status Kece dari penyelidikan ke penyidikan usai melakukan gelar perkara.

Dalam gelar perkara tersebut, penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup, yaitu tangkapan layar dan video yang diunggah Muhammad Kece. Menurut Ramadhan, video yang diunggah M Kece berpotensi menimbulkan kegaduhan dan memecah bela bangsa. Karena itu, Polri telah mengajukan kepada Kominfo untuk men-take down video itu dari media sosial Youtube.

“Dari 400 video yang telah diposting MK, 20 video sudah di-take down,” kata Kepala Badan Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan.

Bareskrim Polri sudah menaikkan status kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan. Artinya, kasus ini sudah terbukti melanggar undang-undang. Jauh sebelum ditangkap, Muhammad Kece sempat menyombongkan diri dan mengaku dirinya dekat dengan pejabat. **