Binjai-Intipnews.com:Ketua MUI Kota Binjai DR HM Jamil,MA menegaskan, MUI akan mengembangkan program besar yang bertujuan menjadi Binjai sebagai kota religi dan pusat Islam di Sumatera Utara.

Ketua MUI DR HM Jamil didampingi an Ketua Komisi Informasi dan Komunikas  MUI Kota Binjai H Riswan Rika mengemukakan, Minggu 19 Juli 2020, program terdiri dari bidang pendidikan [foto].

Tahap awal sudah dilaksanakan Pendidikan Tinggi Kader Ulama [PTKU] sejak 2015 dan kini sudah gelombang kedua dan menyusul gelombang ketiga. Gelombang pertama sebanyak 12 orang yang awalnya belajar di arena MTQ Provinsi Sumut di Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur yang dipinjamkan Walikota HM Idaham.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Walikota Binjai HM idaham yang sudah membantu pelaksanaan program MUI,” ujar HM Jamil. Kemudian MUI Binjai diserahkan mengelola tanah waqaf dari Kementerian Agama Kota Binjai di Jalan AR Hakim.

Untuk pembanguna gedung belajar dan asrama PTKU, MUI Binjai membentuk panitia pembangunan yang dipimpin ketua Prof Dr Effendi De Lux. Peletakan batu pertama gedung oleh Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan dan pembukaan kuliah umum pertama setelah gedung terbangun oleh Sekum MUI Sumatera Utara dan Walikota Binjai HM Idaham.

Program MUI Binjai mendapat respon positif, kemudian ada warga ingin menjual lahan di sekitar areal PTKU. Pengurus MUI Binjai  membentuk panitia pembelian tanah  dipimpin Sekum MUI H Jafar Sidiq.

Setelah dikaji secara juridis dan syarat wajib, MUI Binjai akan mengembangkan lima program besar yaitu pendidikan kader ulama, tsnawiyah dan aliyah unggulan, perguruan tinggi, rumah sakit islam dan pusat bisnis Islam.

”Tidak terniat di hati kami sedikitpun pembentukan yayasan  untuk kepentingan kelompok. Apalagi yayasan tetap  di bawah kepengurus DP MUI Kota Binjai, dan tidak bisa dialihkan kepada siapapun, sebab seluruh pengurus sudah menandatangani surat pernyataan di depan notaris,” ujar HM Jamil.

Guna mewujudkan program besar itu, pengurus MUI sudah membentuk tim untuk pendidikan tsnawiyah dan aliyah yang akan dimulai pada tahun ajaran 2021/2022.

”Kita tetap menerima siapapun yang membantu dan memberikan masukan, atau yang ingin mengetahui keberadaan yayasan waqaf islamic centre MUI Binjai, sehingga tidak menimbulkan fitnah,” ujar HM Jamil.

* Laporan Ibnu Habihi

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini