Pengurus MUI Sumut menerima buku dari ketua Mui Binjai

Binjai-Intipnews.com:Dewan Pimpinan [DP] Majelis Ulama Indonesia [MUI] Kota Binjai dinilai proaktif oleh tim monitoring dan evaluasi [monev] DP MUI Provinsi  Sumatera Utara [Sumut], Selasa  25 Agustus 2020 di aula kantor MUI Binjai jalan Olahraga.

Wakil Ketua umum MUI Provinsi Sumut Maratua Simanjuntak dan Sekum Ardiansyah mengemukakan  MUI Sumut melakukan monitoring dan evaluasi di seluruh MUI Kabupaten dan kota di Sumut.

Pelaksanaan monev dilakukan guna memperoleh data dan program kerja MUI Kab/Kota di Sumut, sekaligus mensosialisasikan peranan MUI pada pandemi Covid 19.

Ketua MUI Binjai HM Jamil melaporkan kegiatan  organisasi serta program MUI Kota Binjai ditambah perencanaan program besar MUI Kota Binjai guna membangun Binjai kota religi yang kesemuanya membantu umat di bidang pendidikan dengan melahirkan ulama. Kemudian memprogram  pendidikan generasi muda, mulai dari madrasahan sampai perguruan tinggi serta rumah sakit Islam.

Sejak 2015 MUI sudah membangun  perpustakaan, buku karangan ulama asal Sumatera Utara yang ditempatkan secara khusus. Kemudian mendirikan pendidikan kader ulama yang diinspirasi dari program MUI Sumut, sebagai upaya melahirkan kader ulama untuk masa depan umat.

Gelombang pertama sudah lulus 12 orang diantaranya sudah memperoleh S2 dari UIN, dan kini sedangkan dididik 15 orang yang nantinya  bisa mencapai gelar sarjana atas adanya kerja sama MUI Binjai dengan STAI Jamaah Mahmudiyah Tanjunpura, Kabupati Langkat.

“Tidak semua program MUI Binjai berjalan mulus, program besar yang  dirancang ternyata mendapat aral. Padahal kita sudah membeli dua lokasi tanah untuk pengembangan sarana pendidikan dan kesehatan  dari dana umat seperti infaq dan wakaf.

“Guna menyelesaikan mahasiswa PTKU gelombang kedua kami harus mengemis, sebab tidak memperoleh anggaran dari pemerintah,” ujarnya. Wakil Ketua umum MUI Sumut Maratua Simanjuntak sangat merespon berbagai program MUI Binjai dan program yang baik untuk umat harus terus ditingkatkan, dengan penuh keyakinan segala rintangan akan dipermudah Allah Swt.

”Kami menilai MUI Kota Binjai sangat proaktif dan hasil monitoring dan evaluasi akan dilaporkan kepada DP MUI Provinsi Sumatera Utara. Ustad Maratua Simanjuntak juga mensosialisasikan peranan ulama menghadapi pandemi covid 19.

Ternyata peran ulama sangat diperlukan, terutama dalam fatwa dan hal lain yang bisa memberi kepercayaan kepada masyarakat. Diharapkan MUI Binjai aktif memberikan fatwa serta menjelaskan berbagai masalah yang keterkaitan dengan pandemi covid 19.

* Laporan Abu Abihi

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini