Binjai-Intipnews.com:Sekertaris MUI Binjai dan Dosen UINSU Arifinsyah serta Ketua MUI Kota Binjai HM Jamil, sepakat mengemukakan pemimpin harus kuat fisik dan mental juga amanah. Demikian diungkapkan sebagai nara sumber pada muzakarah akbar MUI Kota Binjai [foto], Rabu 4 November 2020, di halaman kantor MUI , Jalan Olahraga Binjai,Sumatera Utara.

Di hadapan seratusan ulama, ustad, pengurus BKM, tokoh agama dan masyarakat, qari, Arifinsyah menegaskan seorang manusia adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya kepada orang yang telah dipimpinnya. Dalam Islam kriteria pemimpin sudah ditentukan.

”Jangan salah memilih pemimpin, yang membuat kerugian bagi kita lima tahun ke depan,” ujarnya. Arifinsyah berpesan bagi umat Islam pilihlah pemimpin yang fathanah, amanah, tidak otoriter dan memilik integritas yang tinggi.Terutama memajukan umat Islam dan berani melakukan amar makruf nahi mungkar.

Pemimpin, lanjutnya, harus punya keberanian menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman dan penyakit masyarakat, terutama narkoba, judi dan kejahatan lainnya. Ketua MUI Binjai HM Jamil mengemukakan berbagai dasar kepimpinan masa Nabi Muhamma Saw dan nabi Ibrahim tidak diangkat pemimpin yang zalim.

“Pemimpin harus punya track record, kemudian al amin. Dilarang keras memilih pemimpin yang mengolok-olokkan agama. Pemimpin yang ideal adalah punya mental dan fisik yang kuat dan memiliki keluasan ilmu,” tutur HM Jamil.

Dikatakannya, kekuatan fisik sangat diperlukan dan Nabi Muahmmad Saw dalam sejarahnya senantiasa mengangktat pemimpin dari mereka yang kuat secara fisik dan mental. Pemimpin harus punya krakteristik sebagaimana disebutkan dalam Alquran surat Al Qashas 26 dan Al Maidah 57, dilrang keras mengolok-olokkan agama.

Muzakarah Akbar MUI dipimpinan moderair DR Zaini, dihadiri Ketua DMI Provinsi Sumatera Utara [Sumut] Irhamuddin Siregar, Tokoh agama Jaharuddin Batubara, Irfan Yusuf, Azhari, Zulkarnain Asri, LC, Prof Imam Jauhari.

  • Laporan Ibnu Abihi

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini