Narkoba, Nunung Menangis Divonis 1,5 Tahun Penjara

0
42
Nunung dan suaminya secara sah telah menyalahgunakan narkoba . Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Komedian Nunung Srimulat tak mampu menahan air mata ketika majelis hakim menjatuhkan vonis 1 tahun 6 bulan rehabilitasi padanya dan sang suami, July Jan Sambiran. Putra sulung Nunung, Bagus Permadi pun menyebut vonis hakim cukup berat untuk diterima keluarga.

“Dibilang harus menerima, ya cukup berat, tapi mau gimana lagi ini sudah putusan dari hakim. Kita harus menghormati hasil dari hakim. Mama sendiri sedikit kecewa,” kata Bagus Permadi usai sidang putusan Nunung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 27 November 2019.

Majelis hakim memvonis Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran 1,5 tahun pidana penjara. Ia akan menjalani penahanan di dalam Rumah Sakit Ketergantungan Obat [RSKO] Jakarta, sehingga tak bisa keluar sampai masa tahanan selesai.

Informasi dihimpun Intipnews.com, menurut hakim, Nunung dan suami terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika untuk kepentingan diri sendiri sebagaimana diatur dalam Pasal 127 ayat (1) a Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkoba.

Hakim juga memutuskan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangi dengan delik pidana yang membebani. “Menetapkan supaya para terdakwa tetap berada di RSKO Jakarta,” kata majelis hakim.

Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa selama dituntut 1 tahun dan 6 bulan untuk rehabilitas. Jaksa menyebut, Nunung dan suaminya secara sah telah menyalahgunakan narkoba sesuai Pasal 127 ayat 1 huruf a UU 35/2009 tentang Narkotika.

Nunung dan Suaminya Didakwa Tiga Pasal Alternatif

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap masing-masing terdakwa selama satu tahun enam bulan dipotong tahanan dengan ketentuan terdakwa perlu pidana di RSKO Cibubur Jakarta Timur dan diperhitungkan sebagai sisa menjalani pidana serta dipotong masa tahanan di RSKO yang telah dijalani,” kata jaksa Boby Mokoginta di PN Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Nunung dan suaminya ditangkap sehari setelah melakukan transaksi sabu dengan tersangka HM pada 18 Juli 2019. Nunung memesan dua gram sabu dari tersangka. Dari penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, alat hisap sabu dan sabu sisa pakai seberat 0,36 gram.

Nunung dan suaminya didakwa tiga pasal alternatif yakni Pasal 114 ayat 1 juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan atau perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 112 ayat 1 juncto Pasal 132 ayat 1 juncto Pasal 127 ayat 1 huruf a UU yang sama. *tid

  • Bagikan berita ini 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini