Batubara-Intipnews.com:Melihat usaha sekelompok ibu-ibu binaan TP-PKK Desa Binjai Baru yang membuat kain batik dengan cara celup dan ikat, membuat Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP PKK Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir tertarik.

“Ini terbilang baru di Batubara dan inovasi baru,” ucap Maya [foto] Kamis 17 September 2020 sore saat berkunjung ke lokasi produksi batik di Desa Binjai Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Dihadir Camat Datuk Tanah Datar Mawi serta istri dan Kades Binjai Baru.

Di situ Ketua Dekranasda Ny Maya Indriasari Zahir ikut mencoba proses pembuatan batik jumputan. Dari tahap menjumput atau mengikat kain, mewarnai, setelah itu penguncian warna dengan menggunakan water glass.

“Saya berharap batik jumputan ini menjadi salah satu usaha baru yang memberikan dampak ekonomi yang bagus di Kabupaten Batubara,” harapnya. Dia pun berjanji akan membantu pemasaran dan permodalan usaha batik ini. Menumbuhkan ekonomi baru di masa pandemi Covid 19.

Sementara, ketua kelompok batik jumput Desa Binjai Baru Susi Wahyuni menjelaskan kepada Ketua TP-PKK Batubara berbagai proses membatik. Dan kunjungan diakhiri dengan pemberian cendera mata berupa kain batik jumput kepada Ny Maya Indriasari Zahir.

  • Laporan Joni Iskandar

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini