Olahraga Asli Indonesia yang Diperlombakan di PON XX Papua

8
Olahraga Asli Indonesia
Foto: Istimewa

MedanIntipnews: Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih dari 272 juta jiwa dan memiliki adat, budaya, agama, serta tradisi yang berbeda, termasuk di dalamnya olahraga. Beberapa di antaranya secara resmi dijadikan cabang olahraga (Cabor) dalam perlombaan skala nasional maupun internasional, termasuk dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Adapun olahraga asli Indonesia yang diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di antaranya:

Lompat Batu

Masyarakat Nias menyebut olahraga ini dengan nama zawo-zawo. Dilihat dari riwayatnya, lompat batu bukanlah jenis olahraga. Pada zaman dahulu, peperangan antardesa kerap terjadi di Kepulauan Nias. Penduduk di desa masing-masing pun memasang pagar batu yang tinggi sebagai benteng pertahanan. Oleh sebab itu, para prajurit tiap desa di Nias diharuskan berlatih untuk melompati batu yang umumnya memiliki tinggi lebih dari 2 meter, ini dilakukan agar mereka mudah menyerang desa musuh.

Meski sudah tidak lagi berperang, desa-desa adat di Nias masih memiliki menara batu yang dulu dijadikan sarana latihan melompat tersebut. Kini, tradisi lompat batu dilakukan oleh para pemuda Nias untuk menunjukkan, bahwa mereka sudah dewasa dan matang secara fisik. Dengan melakukan tradisi ini, mereka akan diakui sebagai lelaki pemberani dan memenuhi syarat untuk menikah.