Paripurna DPRD Medan, Habib: Pemko Tak Cukup Bangun Perpustakaan, Tapi…

10
Anggota DPRD Medan, Habiburrahman Sinuraya

MedanIntipnews.com:“Kondidisi saat ini perlu kita sikapi dengan bijak, untuk menumbuhkan minat baca. Tidak cukup Pemerintah Kota [Pemko] Medan hanya membangun banyak perpustakaan,” tukas Habiburrahman Sinuraya dari Fraksi Parta Nasdem DPRD Kota Medan, Senin 24 Mei 2021.

Habib mengungkapkan hal itu saat berlangsung rapat paripurna pemandangan umum terhadap nota pengantar kepala daerah atas Ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan.

Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Medan mencatat, masih rendahnya minat baca masyarakat saat ini. Hal ini tidak hanya di Kota Medan akan tetapi merata di seluruh daerah.

Sehingga menggerus bacaan fisik yang artinya dunia saat ini telah bergeser ke proses digita. Buku tidak lagi diminati bahkan dengan waktu tidak lama lagi akan bergeser ke paperless [tanpa kertas]. Ini membuthkan antisipasi.

Dijelaskan Habiburrahman Sinuraya, yang lebih utama saat ini adalah memahami kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan, dan fasilitas pendukung juga sangat penting.

Habib juga menyebut, Pemko Medan juga harus menyediakan akses internet yang cepat dengan sebaran hotspot gratis di berbagai wilayah. Sehingga masyarakat dan generasi muda bisa mengakses bahan-bahan bacaan versi digital.

Sebagaimana tertuang dalam Ranperda pasal 9 mengenai perpustakaan umum, sebut Habib pula, yang diselenggarakan oleh Pemko Medan sampai ke tingkat kelurahan, Pemko Medan juga harus menyediakan perpustakaan online.

Sekaligus menampung bahan bacaan digital, agar bisa diakses semua orang secara online. Dan melakukan proses digitalisasi bahan-bahan pustaka guna menyelamatkan bahan pustaka tersebut dari proses pelapukan, karena umur maupun serangan serangga lainnya.

“Pemko Medan harus dapat menempatkan pustakawan yang memiliki kemampuan dan sertifikasi tenaga perpustakaan dan sumber daya manusia [SDM] perpustakaan harus lebih baik dan seragam,” tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, kita berharap agar Ranperda ini nantinya dapat dibahas lebih mendalam lagi dalam panitia khusus DPRD Kota Medan. Sehingga mampu menghasilkan peraturan daerah yang berdaya guna dan berdaya saing guna mewujudkan masyarakat Kota Medan yang lebih cerdas di masa-masa mendatang.

  • Itp-04