Paskibra Ikuti Pembinaan Pancasila oleh BPIP

29
Paskibra Ikuti Pembinaan
Paskibra saat mengikuti pembinaan lewat online. Foto: Int-Ist

BinjaiIntipnews: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Binjai 2021 melalui online, Rabu 4 Agustus 2021. 68 anggota pasukan pengibar pendera didamping pelatih, Pembina dan pendamping mengikuti ceramah tentang kelahiran dan makna pancasila, kemerdekaan, serta merah putih di aula Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dari BPIP.

Penceramah memaparkan sejumlah karakter pasukan pengibar bendera Indonesia harus memiliki nilai-nilai Pancasila. “Karakter Paskibra yang ber-Pancasila misalnya anak-anak yang beradab serta mampu mewujudkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Paskibra Indonesia ramah budaya, bersifat humanis dan kritis, inklusif dan moderat, serta tentunya cinta Tanah Air dan menjunjung tinggi rasa nasionalisme. Salah satu nilai-nilai Pancasila adalah taat beribadah dan selalu bersyukur di dalam setiap kesempatan.

Paskibra Indonesia memiliki komitmen memperteguh ideologi Pancasila. Melalui pembinaan ini, dia berharap anak-anak lebih mengetahui betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa sehingga makin bertekad memperteguh ideologi Pancasila. Apalagi di zaman sekarang, anak-anak juga perlu memiliki literasi digital atau melek digital. Apabila anak-anak pintar tetapi tidak melek digital akan percuma, karena teknologi senantiasa terus berkembang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Binjai, Nani Sundari didampingi Sekretaris Nizwansyah, Rabu (4/8/2021) di aula Pemerintah Kota (Pemko) Binjai mengatakan, pembinaan ideologi pancasila wajib kepada Paskibra 2021 dan tahun depan setiap calon Paskibra Binjai diharuskan lulus pembinaan Pancasila, sehingga anggota pasukan pengibaran bendera benar-benar pemuda dan pemudi pilihan terbaik yang mampu menunjukkan jiwa keteladanan di masyarakat. *Int.Riza