Pedagang Pasar Balige Direlokasi Sementara

0
24

Toba-Intipnews.com:Sejumlah 573 pedagang di Pasar Balairung Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, akan direlokasi ke Lapangan Sisingamangaraja 12 Balige. Ada 17 jenis pedagang yang akan menempati kios yang sudah disediakan [foto].

Relokasi pedagang dilakukan akibat pekerjaan revitalisasi Balairung Balige. Direncanakan proyek akan selesai di akhir tahun 2021. Sebelum menempati kios, para pedagang mengikuti pengundian nomor kios yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Selasa 16 Februari 2021.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Toba, Manogihon Tua Gultom mengatakan, semua pedagang yang berdagang di depan dan belakang balairung Balige, seluruhnya akan di relokasi ke lapangan Sisingamangaraja.

Semua pedagang akan di tata sedemikian rupa menurut zonasi menurut jenis dagangan. Selanjutnya Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Toba, Jhony Lubis menjelaskan pemerintah dan pedagang telah menyepakati setiap pedagang yang berdagang di bahu jalan dan tidak di tempat yang sudah ditentukan akan ditertibkan.

“Kita sudah bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja [Satpol PP] dan Dinas Perhubungan akan melakukan penertiban bagi pedagang yang berdagang di bahu jalan,” sebut Jhony.

  • Laporan Manuala Tampuolon