Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika terus memantau situs nonton film bajakan Indo XXXI. Situs web streaming itu sebelumnya berpeluang pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual [HAKI].

“Ya saya kira memang ini harus ditangani lebih serius. Pertama soal konten itu, izin itu, kita ingin Kominfo lebih serius menangani soal film-film ini,” ujar Ma’ruf di kantor wakil presiden, Jakarta, Kamis 26 Desember 2019.

Sementara terkait rencana pemerintah untuk menarik pajak dari penyedia layanan media streaming digital seperti Netflix, Ma’ruf mengatakan telah meminta Kementerian Keuangan agar mengupayakan penarikan pajak tersebut.

Rencana ini sebelumnya juga telah disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berjanji akan mengejar pajak Netflix. Pasalnya kegiatan perusahaan asal California, AS itu membawa nilai ekonomis yang signifikan.

“Saya minta Kemenkeu untuk menangani soal ini, antara Menkominfo dan Menkeu saya kira itu. Kita minta ditertibkan semua harus bayar pajak,” katanya.

Survei dari YouGov menemukan hampir dua per tiga atau 63 persen konsumen daring atau online di Indonesia menonton situs web streaming atau situs torrent. Situs IndoXXI [Lite] menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35 persen pengguna ISD.

Survei yang ditugaskan Coalition Against Piracy [CAP] juga menemukan 29 persen konsumen menggunakan TV box yang dapat digunakan untuk melakukan streaming konten televisi dan video atau film bajakan. *cnc

  • Bagikan Berita Ini

#intipnews.com

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini