DR dr Umar Zein

OLEH DR dr UMAR ZEIN *

Pantun:

Bila lampin di lantai licin

Sebelah kaki berat terasa

Bila pemiMpin takut divaksin

Apatah lagi rakyat biasa

Intipnews.com:TIDAK semua orang berani menjadi donor darah. Tetapi, bila ada acara donor darah, ketakutan itu tidak perlu ditunjuk kan ke masyarakat. Pada saat acara donor darah di suatu instansi, ketika pimpinan instansi maju sebagai orang pertama mendonorkan darahnya di instansi itu, maka hamper semua karyawan dengan sukarela mendonorkan darahnya.

Karena pemimpin menunjukkan perilaku keteladanan dan menghapus ketakutan. Kalau ternyata pemimpin takut, ditanya oleh awak media, selayaknya dia menjawabdengantutur yang bijak dan santun.

Manakala vaksin Covid 19 yang berasal dari negeri China akan diujicobakan pada penduduk Indonesia yang butuh ribuan sukarelawan, masyarakat masih tertanya-tanya, apakah ini bukan semacam uji coba vaksin China pada rakyat Indonesia? Mengapatidakdilakukan uji coba pada rakyat China saja?

Belum terjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tiba-tiba viral di media sosial bahwa salah seorang pemimpin negeri yang juga pemimpin Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Indonesia, menyatakan tidak bersedia kalau dia diikutsertakan sebagai relawan uji klinis vaksin Covid 19 China, karena ia selaku penjabat, tidak etis kalau diikutsertakan uji klinis.

Sebaiknya ke rakyat saja duluan. Kalau memang sudah terbukti aman, baru ke para pejabat di cobakan. Pernyataan ini menyakitkan rakyat. Rakyat merasa akan dijadikan ‘kelinci percobaan’ saja. Yang lebih penting lagi, rakyat tidak merasa dilindungi oleh pemerintah.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini