Pemkab Nias Selatan Lounching Pencegahan Korupsi

0
94

Nias Selatan-Intipnews.com:Pemerintah Kabupaten Nias Selatan [Nisel], Sumatera Utara melalui Inspektorat Nias Selatan melakukan lounching pola pencegahan korupsi [foto].

Lounching pola pencegahan korupsi yang diberi nama “Sikho Soyo” yang artinya semut merah dilakukan di aula kantor Bupati Nias Selatan, Jumat 15 November 2019.

Acara lounching tersebut dihadiri Pjs kepala desa dan camat se-Kabupaten Nias Selatan. Kepala inspektorat Nias Selatan Emanuel Telaumbanua memberitahu tujuan program “Sikho Soyo” adalah untuk mencegah tindakan korupsi.

Selain itu, program “Sikho Soyo” juga dibuat untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, transparan dan tidak menyalahgunakan kewenangan. “Program ini kita namai “Sikho soyo” agar memiliki integritas, penguasaan diri dan mandiri sesuai dengan karakter dari “Sikho Soyo” itu sendiri,” terangnya.

Menurut dia, “Sikho Soyo” selalu  bekerja secara kelompok dan kompak, sehingga dalam pencegahan korupsi perlu ada kerja sama, agar pola pikir tindakan korupsi dan mengedepankan budaya malu bisa hilang.

Memiliki Profesionalisme dan Penguasaan Diri

“Pencegahan korupsi dengan strategi “Sikho Soyo” ini sangat diharapkan mampu mengurangi tindakan korupsi di lingkungan Pemkab Nisel, sehingga mampu membawa perubahan,” ucapnya.

Sebelumnya dalam kata sambutan Wakil Ketua DPRD Nias Selatan Fa’atulo Sarumaha meminta agar program tersebut jangan hanya seperti “Sikho Soyo”, tetapi juga seperti semut yang menggigit bisa kelihatan efeknya atau “Sikho Lato”.

Dia berharap program “Sikho Soyo” oleh Inspektorat Nias Selatan mampu membawa Pemkab Nias Selatan menjadi lebih bersih ke depan.

Bahkan dia meminta agar program “Sikho Soyo” strateginya lebih kepada pencegah korupsi di lingkup Pemkab Nias Selatan, khususnya kepada para kepala OPD, PNS dan Kepala Desa. Agar mereka memiliki profesionalisme, penguasaan diri, integritas dan pengembangan inovasi teknis. *Itn-mes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini