Pemulihan Ekonomi, Gubsu Edy: Percepat Tender dan Belanja Daerah

0
10

MedanIntipnews.com:Serapan anggaran APBD menjadi stimulus ekonomi di masing-masing daerah, sehingga membantu pemulihan ekonomi. Gubernur Sumatera Utara [Gubsu] Edy Rahmayadi mendorong Pemko/Pemkab mempercepat tender-tender dan juga belanja daerah [foto].

Hal tersebut diungkap Gubsu Edy, saat rapat koordinasi [Rakor] High Level Meeting TPID dan peluncuran tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah Sumut di Ballroom Adimulya Hotel Medan, Jumat 9 April 2021.

Percepat pemulihan ekonomi, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, menurut Gubsu Edy Rahmayadi melakukan 4 langkah. Yaitu percepatan serapan APBD kabupaten/kota, pengawasan distribusi bahan pangan, memastikan ketersediaan bahan pangan harga terjangkau, dan penyesuaian Pemungutan Pajak Bahan Bakar Kendaraan [PBBKB].

Sedangkan penyesuaian PBBKB dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah [PAD], sehingga pemerintah bisa meningkatkan serapan anggarannya dan menghindari deflasi.

Kemudian, katanya, pemerintah juga perlu memastikan ketersediaan bahan pangan dan memonitor harga karena biasanya harga bahan pangan melonjak menjelang Ramadan dan Lebaran.