Pemulung Terpinggirkan, LBH Pelsim Dorong Melek Hukum

0
63

JakartaIntipnews.com:Masyarakat yang hidup di lapak pemulung, selama ini hidup mereka sering terpinggirkan. Pengetahuan yang terbatas di bidang regulasi, dan hukum, membuat pemulung rentan terhadap kejahatan.

Pemulung sering juga terjebak, bahkan menjadi korban oleh tindak hukum yang membuat mereka rentan terpapar sebagai kaum marjinal. Hal itu terungkap pada penyuluhan [foto] ‘Kenali Hukum Jauhi Hukuman’ yang diadakan LBH Perkumpulan Pengolah Limbah dan Sampah Indonesia Mandiri [Pelsim] di Jakarta, Jumat [9/4/21].

Penyuluhan ini diikuti puluhan pemulung di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. “Sebaiknya masyarakat diberdayakan dengan membekali mereka pengetahuan dasar yang berkaitan dengan tindak kejahatan. Apalagi pemulung rentan dengan transaksi yang dapat menjebak mereka kepada penyelewengan hukum,” kata Puji Rahayu dari Ditjen Pemasyarakatan Kemenhumham.

Rudi Simamora dari Pelsim menambahkan, dengan menyadari pentingnya pemahaman masalah hukum bagi pemulung ini, mereka akan lebih tertib menjalankan tugasnya. Kegiatan ini supaya pemulung jangan sampai menjadi obyek pemerasan karena kebodohan mereka.