Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat

Medan-Intipnews.com:Pencairan gaji ke-13 tahun 2020 untuk ASN, TNI, Polri dan pensiunan diperkirakan dapat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan 3 2020 menjadi positif dari triwulan 2 yang kontraksi sebesar 2,73 pesen.

“Pada triwulan 3 ada prakiraan ekonomi Sumatera Utara [Sumut] tumbuh positif dari sebelumnya minus 2,73 persen di triwuan 2 [YoY],” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat di Medan, Rabu 12 Agustus 2020.

Wiwiek menjelaskan, pembayaran gaji ke-13 dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga diharapkan mampu mendorong pergerakan ekonomi Sumut.

Menurutnya, ekonomi Sumut akan semakin bergerak karena didorong beberapa faktor lainnya, termasuk dana bantuan Rp 600.000/ bulan kepada pegawai swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta/ bulan, serta asumsi volume ekspor naik.

“Perekonomian Sumut diyakini bergerak naik setelah pada triwulan 2 terjadi kontraksi untuk pertama kalinya sejak krisis 1999,” ujar Wiwiek. BI juga berharap, Pemprov Sumut mempercepat realisasi konsumsi pemerintah yang pada triwulan masih sebesar 30 persen untuk mendorong perekonomian. *Itp-03

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini