pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Duka cita mendalam hari ini bagi dunia pers Indonesia, dengan meninggalnya pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, Rabu 9 September 2020. Jakob Oetama menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta pada usia 88 tahun.

Jenazah dibawa ke tempat persemayaman di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan dan akan dihantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis, 10 September 2020.

Jakob Oetama diketahui mengawali kariernya sebagai seorang guru, namun kemudian memilih jalan sebagai wartawan hingga mendirikan jaringan media terbesar, Kompas Gramedia, bersama rekannya, PK Ojong.

Berikut deretan penghargaan yang pernah didapatkan Jakob Oetama dan karya tulis semasa hidupnya antaralain: Bintang Mahaputera Utama dari Pemerintah RI (1973), Wira Karya Kencana dari Kantor Menteri Negara Kependudukan/Kepala BKKBN, karena dianggap telah Berjasa dalam Gerakan KB Nasional (1994).

Anugerah Doktor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2003), Chief Executive Officer (CEO) Terbaik Tahun 2003 dari Majalah SWA, Synovate Research Reinvented, dan Dunamis (2004), Entrepreneur of The Year dari Ernst & Young Penghargaan dari Tiga Pilar Kemitraan berkaitan dengan Hari Antikorupsi Alumnus Teladan dari Universitas Gadjah Mada dalam Rangka Dies Natalis ke-56, Yogyakarta (2005), dan masih banyak yang lain. *Itp-03

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini