Pengamat komunikasi politik Muhammad Jamiluddin Ritonga. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Setelah Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia [KAMI] dideklarasikan di Tugu Proklamasi Jakarta, berdatang tanggapan dan respon dari berbagai kalangan.

Termasuk respon pengamat komunikasi politik Muhammad Jamiluddin Ritonga, yang menilai KAMI diperlukan untuk ‘menggantikan’, kemandulan legislatif dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

“Di tengah mayoritas suara legislatif yang berpihak kepada pemerintah, menyebabkan terjadi kekosongan yang menyuarakan kepentingan rakyat kebanyakan,” kata Jamiluddin Ritonga, Kamis 20 Agustus 2020, sebagaimana di-publish media massa.

Saat mendeklarasikan KAMI. Foto Istimewa

Dengan demikian, kata dia, KAMI dan perkumpulan lainnya diharapkan dapat menyuarakan kepentingan rakyat, sehingga kebuntuan komunikasi politik dapat dikurangi.

“Kalau anak bangsa melihat kehadiran KAMI dan perkumpulan lainnya dalam konteks itu, tentulah keberadaannya tidak dilihat dari sisi negatif,” tegasnya.

Dia melanjutkan, kehadiran perkumpulan seperti ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi keberadaan legislatif dan partai politik di negara demokrasi. “Mari dorong makin banyak kehadiran perkumpulan seperti KAMI agar demokrasi tetap bersemi di negeri tercinta,” tandasnya. *Tsn  

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini