Dr dr Umar Zein, selain sebagai Dosen Fakultas Kedokteran,UISU juga juga dikenal seniman yang kreatif

Medan-Intipnews.com:Penyakit yang harus diwaspadai pasca Natal dan Tahun baru [Nataru] adalah disebabkan dari mengkonsumsi makanan dan udara yang membawa virus seperti yang di sebut Dr Umar Zein.

Dr Umar, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara mengurai, infeksi saluran pernafasan  [Ispa], rentan menyerang saat Natal dan Tahun Baru. “Misalnya, berdesakan dengan penumpang lain dalam antrean, ketiduran di terminal dan kepadatan terminal sendiri yang tentunya memicu untuk memudahkan penularan penyakit antar pemudik terutama Ispa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, penyakit yang muncul karena kambuh. Orang yang sudah memiliki penyakit kronus biasanya saat hari besar Islam maupun Nasrani porsi makanan kurang diperhatikan.

“Misalnya penyakit yang biasanya kambuh itu diabetes dengan berbagai komplikasinya, hipertensi dengan berbagai komplikasinya atau serangan jantung koroner. Terutama serangan stroke, dengan faktor risiko seperti kolesterol tinggi, kegemukan, dan asam urat yang tinggi,” katanya.

Penyakit yang terjadi akibat kurang memerhatikan kebersihan lingkungan. Karena tidak ada pembantu, rumah ditinggal mudik dalam keadaan kotor. Ada genangan air, makanan yang tercecer dimakan tikus, dan sampah yang banyak mengundang lalat.

“Padahal lalat membawa berbagai penyakit infeksi usus, dari diare ringan sampai yang berat, disentri dan demam tifoid. Tikus dapat menyebabkan leptospirosis melalui air kencingnnya. Nyamuk Aedes aegypti akan berkembang pada air yang tergenang dan  bisa membawa virus dengue, penyebab demam berdarah,” terangnya.

Terakhir, tambah Umar Zein, penyakit akibat mobilitas yang bertambah dan perilaku sekelompok orang dalam menyambut hari Natal dan Tahun Baru dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. “Ini mengakibatkan gangguan lambung dan hipertensi serta kecelakaan lalulintas,” tukas Umar.

Untuk mengatasinya, lanjutnya, masyarakat diminta dapat memperhatikan dan memilih makanan dan minuman yang sehat pada saat mudik dan dalam perjalanan. Bagi orang yang berpenyakit kronis, Natal dan Tahun Baru bukanlah kesempatan melepaskan kendali selepas-lepasnya untuk mengkonsumsi makanan.

  • Laporan Tantawi Panggabean
  • Bagikan Berita Ini                                                                                #intipnews.com

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini