Perpisahan Pimpinan KPK dengan Linangan Air Mata

0
49
Lima pimpinan KPK yang berpisah menerima kenang-kenangan. Foto Istimewa

Firli Bahuri cs Dilantik di Istana hari ini. Menurut Presiden Joko Widodo pelantikan Pimpinan KPK bersamaan Dewan Pengawas KPK…

 Jakarta-Intipnews.com:Perpisahan di KPK itu pasti, ssuai dengan undang-undang dan peraturan. Namun air mata tak terbendung mengalir membasahi pipi ke lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] periode 2015-2019.

Perpisahan pimpinan KPK dengan para pegawai lembaga antirasuah tersebut berlangsung diselubungi haru biru  di Gedung KPK Jakarta Selatan Kamis 19 Desember 2019.

Mantan Komisioner KPK Saut Situmorang mengaku tak mampu membendung kesedihannya hingga meneteskan air mata. Saut mengaku sempat berbisik ke Laode, jika mulai besok sudah tak bertemu kembali.

“Itu pas begitu bilang sama Laode gini, saya bilang ‘aku besok nggak lihat kamu lagi’. Saya bilang gitu. ‘Enggak-enggak rumah kita dekat’,” ujar Saut sambil mengulang ucapan Laode di Gedung KPK.

Saut mengaku telah membereskan barang pribadinya dari ruang kerja. Namun, Saut tidak membawa barang terlalu banyak, lantaran sebagian barangnya telah dibawa pulang saat sempat ingin mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Laode menyebut tak hanya Saut yang menangis. Namun, seluruh pimpinan KPK turut meneteskan air mata menyambut para pegawai KPK yang turut menambah suasana menjadi haru.

“Semua terharu karena banyak pegawai yang berkaca-kaca gitu. Jadi, kayak kami turut terbawa juga suasana,” kata Laode. Dalam perpisahan tersebut, para pimpinan KPK masing-masing mendapat lukisan karikatur wajah pimpinan KPK dari pegawai.

“Kami dapat foto yang dibikin jadi kayak lukisan kolase, jadi lima. Jadi, Pak Agus dulu yang depan, kami berempat di belakangnya. Yang buat saya, aku di depan. Jadi buat lima,” kata Laode.

Laode pun mengaku juga sudah berkemas membereskan barang pribadinya di ruang kerja. Namun, Laode akan meninggalkan kenangan berupa kulit kerang berukuran besar. Kerang itu akan ditinggalkannya di ruang kerjanya.

Lima pimpinan KPK jilin 5 yang berpisah itu, Agus Rahardjo, Laode M. Syarief, Basaria Pandjaitan, Saut Sutumorang dan Alexander Marwata telah purna di lembaga antirasuah tersebut. Khusus Alexander Marwata, masih tetap melanjutkan di periode 2019-2023.

Komjen Polisi Firli Bahuri segera dilantik menjadi pimpinan KPK yang baru. Foto Istimewa

Hari Ini Firli Bahuri cs Dilantik di Istana

Presiden Joko Widodosudah menyebutkan KPK akan dilantik pada hari ini, Jumat 20 Desember 2019. Komjen Polisi Firli Bahuri  dilantik menjadi pimpinan KPK.

Informasi dihimpun Intipnews.com Jumat 20 Desember 2019, Presiden Joko Widodo menuturkan pelantikan Pimpinan KPK bersamaan Dewan Pengawas KPK. “Iya, Jumat [pelantikan],” ujar Presiden Joko Widodo di Novotel, Balikpapan, Rabu [18/12/2019], sebagaimana dilansir Suara.com.

Pimpinan KPK periode 2019-2024 adalah Komjen Firli Bahuri sebagai ketua. Sebagai wakil, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Setelah pelantikan pimpinan KPK di Istana Negara, acara akan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan Pimpinan KPK 2019-2024 di Gedung Penunjang, Gedung Merah Putih KPK, Jumat [20/12] sekitar pukul 15.00 WIB. *sc

  • Bagikan berita ini

#intipnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini