Bupati Tobasa Darwin Siagian bersama Kadis PPM dan PP Henri Silalahi saat monitoring di Desa Parsuratan Balige

Achmad Gindo Hutahaean Kades Terpilih Desa Simatibung

Tobasa-Intipnews.com: Kabupaten Toba Samosir [Tobasa], Sumatera Utara Kamis 5 Desember 2019 melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 105 desa di seluruh Kecamatan.

Untuk memonitoring pelaksanaan Pilkades, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaraka Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak [PMD-PPA] Henri Silalahi menjelaskan, pihaknya membentuk tim monitoring ke seluruh kecamatan terkait Pilkades.

Henri bersana Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Kadis Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak, melakukan monitoring di sejumlah desa di Kecamatan Tampahan dan Balige.

Wakil Bupati [Wabub] Tobasa Hulman Sitorus bersama timnya memonitoring di sejumlah desa di Kecamatan Laguboti dan Silaen. Tim Sekda Audi Murphy monitoring di sejumlah desa di Kecamatan Porsea, Narumonda dan Parmaksian.

Pilkades di Desa Simatibung

Hasil monitoring, kata Henri berlangsung aman dan lancar. Sementara hasil Pilkades Simatibung yang diikuti 4 kontestan,juga berlangsung aman dan lancar saat pencoblosan.

Namun, saat perhitungan sempat molor waktu selama hampir satu jam, diakibatkan jumlah hitung surat suara terpakai berbeda satu surat suara dengan surat suara yang belum terpakai.

Perhitungan jumlah surat suara pun beberapa kali dilakukan, ternyata surat suara tidak ada yang hilang. Hasil perhitungan suara, calon Kades nomor 4 atas nama Achmad Bastian Hutahaean, terpilih menjadi Kades Simatibung periode 2019-2025 setelah meraih 166 suara.

Disusul calon Gindo Tonggo Hutahaean meraih 152 suara, Jhonson Hutahaean 142 suara dan Lintong Sumargo Hutahaean 95 suara. Usai perhitungan suara, Ketua Panitia P2KD Tanda Hutahean menyebutkan, warga desa yang ikut memilh sekitar 83,5 persen.

Dari DPT sebanyak 688 orang pemilih, yang ikut mencoblos sebanyak 559,  yang tidak hadir sebanyak 109 orang. Ada 4 suara batal.

  • Laporan Manuala Tampubolon
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini