Sergai-Intipnews.com:Pjs Bupati Sergai H Irman menyerahkan bantuan peralatan protokol kesehatan [Prokes] ke Pondok Pesantren Zakiyun Najah Desa Firdaus Kecamatan Seirampah, Kamis 19 November 2020 [foto].

“Beberapa waktu yang lalu saya sudah meminta kepada kepala BPBD agar memberikan sarana prasarana pendukung Prokes Covid 19 untuk pesantren ini berupa satu set alat pencuci tangan. Kemudian dilanjutkan pada hari ini kami kembali menyerahkan 1.000 masker kepada Pesantren Zakiyun Najah,“ kata Irman.

Hakikatnya, lanjutnya, dia berharap tempat-tempat pembelajaran seperti pesantren dan sekolah-sekolah tidak menjadi klaster penyebaran Covid 9. Di kesempatan itu Pjs Bupati Sergai juga menyerahkan bantuan dana serta sembako.

Pimpinan Pesantren Zakiyun Najah, Drs H Maralutan Siregar menuturkan, “Jumlah santri di pesantren sekaligus panti asuhan ini 510 orang, kebanyakan dari keluarga kurang mampu, yatim piatu, terlantar dan broken home, atau anak dari keluarga yang bermasalah. Pengajar dan pengasuh Pesantren Zakiyun Najah 35 orang.”

Pada situasi pandemi Covid 19, ungkap H Maralutan, santri yang diizinkan melakukan pembelajaran hanya 50%, sisanya belajar dari rumah. Para santri di sini sebutnya diajarkan pendidikan formal dan non formal.

  • Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini