Polres Asahan Ungkap Penipuan Mata Uang Asing Ratusan Juta

84

Asahan-Intipnews.com:Polres Asahan di bawah kepimpinan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, mengungkap sindikat penipuan dengan modus penukaran mata uang asing senilai ratusan juta. “Dalam melancarkan aksinya, para pelaku berpindah-pindah tempat di berbagai kota di Indonesia. Para pelaku sudah melakukannya bertahun-tahun,” ucap Kapolres Asahan.

Hal itu dingkapkan Kapolres Asahan didampingi Wakapolres Asahan, Kompol M Ikhwan dan Kasat Reskrim, AKP Riki Pripurna Atmaja, saat press release di Mapolres Asahan, Selasa, 3 Maret 2020 [foto].

Menurut Nugroho petugas berhasil meringkus RS dan ES, 2 dari 4 tersangka di Bandara Soekarno Hatta, Provinsi Banten. Sementara 2 tersangka lainya menjadi buronan polisi. Sat Reskrim Polres Asahan bekerja sama dengan Ditreskrimum Polda Banten, menangkap pelaku Senin [2/3], di Bandara Soekarno Hatta

Penangkapan berawal atas laporan korban yang mengaku ditipu dengan kerugian Rp 132 juta. Modus penipuan yang dilakukan pelaku  berpura-pura sebagai warga negara asing bertanya di mana tempat penukaran uang asing kepada korban.

Datanglah tersangka lainnya RS berpura-pura ikut dalam pembicaraan. Kemudian korban mengantarkan tersangka ke tempat penukaran mata uang asing. Dalam perjalanan ES datang menemui mereka. ES pura-pura sebagai karyawan bank swasta, kemudian mengalihkan tujuan penukaran uang ke Bank Mandiri Kisaran.

Lalu menukarkan uang di situ dan berhasil. Merasa yakin dengan penukaran yang dilakukan ES, pelaku lain berinisial RS membujuk korban agar menukarkan semua uang asing tersebut dengan harapan mendapatkan selisih keuntungan.

Korban setuju dan menyerahkan uang rupiah sebanyak Rp 132 juta, termasuk perhiasan emas dan berlian ditukar dengan 65 lembar uang asing dari Brazil dengan iming iming dapat dirupiahkan menjadi sekitar Rp 600 juta. Saat ini dua tersangka lainnya masih buron, yang bertindak sebagai warga negara asing dan supir.

  • Laporan Dolly Simbolon