Ilustrasi. Istimewa

Sergai-Intipnews.com:Pasien positif Covid 19 di Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara bertambah 1 orang lagi, sehingga positif Covid 19 menjadi 5 orang. Positif Covid 19 yang menambah jumlah di Sergai, adalah pria warga Kecamatan Perbaungan berinisial B [29].

Hal itu dikatakan juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan [GTPP] Covid 19 Sergai, Drs H Akmal, AP, M.Si, kepada wartawan Rabu 3 Juni 2020. Dikatakannya seorang pria warga Kecamatan Perbaungan berinisial B [29] dinyatakan terjangkit Covid-19 sesuai hasil tes polymerase chain reaction [PCR] yang diinformasikan Kepala Dinas Kesehatan, dr.Bulan Simanungkalit, M.Kes.

Informasi diterima Intipnews.com, B ini menetap dan bekerja di Medan. Dari kronologisnya, pada 20-21 Mei, korban merasa seperti masuk angin dan demam. Lalu esoknya 22 Mei, karena merasa sudah baikan, ia pulang ke kediamannya di Perbaungan.

Namun pada 24 Mei, ia kembali mengeluhkan sesak nafas dan memutuskan pergi ke RS Melati Perbaungan untuk berobat. Oleh pihak RS Melati, dianjurkan tindakan rontgen. Tetapi dikarenakan saat itu libur Lebaran, korban disarankan datang keesokan harinya untuk rapid test.

Juru bicara tim GTPP Covid 19 Sergai, Drs H Akmal

“Tanggal 25 Mei ia menjalani rapid test yang hasilnya reaktif sehingga ditetapkan sebagai ODP,” terang Akmal. Kemudian dilakukan pengambilan sampel swab oleh tim dari Puskesmas Melati yang akhirnya hasil tes menyatakan B positif Covid.

Akmal menyebut ibu inisial B juga sudah menjalani prosedur PCR test dan hasilnya negatif. “Saat ini B dirawat dan diisolasi di RS GL Tobing Tanjungmerawa. Kepada warga Sergai kami tetap mengimbau agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan,” tukasnya.

Sebelumnya, puluhan ASN Pemkab Sergai melakukan serangkaian pemeriksaan rapid test maupun Swab. Hasilnya dinyatakan negatif berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara nomor 443.33/ 6922.1/DINKES/VI/2020.

* Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini