Komisioner KPU, Evi Novida Ginting. Foto Istimewa

Majelis hakim mengabulkan seluruh gugatan Evi dengan menyatakan keputusan Jokowi batal demi hukum dan memerintahkan keputusan dicabut. Dan  mengharuskan Evi kembali mendapatkan jabatannya sebagai komisioner KPU…

Jakarta-Intipnews.com:Presiden Joko Widodo [Jokowi] memutuskan tidak banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara [PTUN] atas gugatan yang diajukan eks komisioner Komisi Pemilihan Umum [KPU] Evi Novida Ginting.

Juru bicara Presiden Jokowi bidang hukum Dini Purwono mengatakan Presiden Jokowi lebih memilih menghargai dan menghormati putusan PTUN yang mengharuskan Evi kembali mendapatkan jabatannya sebagai komisioner KPU.

“Presiden menghargai dan menghormati putusan PTUN yang bersangkutan, dan memutuskan untuk tidak banding,” Kata Dini kepada wartawan Jumat 7 Agustus 2020. Dini menuturkan Presiden tidak mengajukan banding karena Keputusan Presiden [Keppres] pemberhentian Evi sifatnya hanyalah administratif dan untuk memformalkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu [DKPP].

Keppres Nomor 34/P Tahun 2020 soal pemberhentian Evi Novida saat itu diterbitkan Presiden Jokowi berdasarkan putusan DKPP dan karenanya substansi perkara ada dalam putusan DKPP, bukan Keppres.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mempertimbangkan PTUN sudah memeriksa substansi perkara termasuk putusan DKPP terhadap Evi Novida dan memutuskan untuk membatalkan pemberhentian itu.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini