Presiden Jokowi Gratiskan Pembuatan SIM, Ini Aturannya…

0
138
ILustrasi. SIM A dan C. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggratiskan biaya pembuatan SIM bagi pengendara sepedamotor atau mobil. Segera cek syarat dan cara dapat SIM A atau C secara gratis dari Presiden Jokowi bagi yang sudah siap mengendarai sepedamotor maupun mobil.

Hal ini karena Presiden Jokowi baru saja meneken PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak [PNBP] yang Berlaku pada Kepolisian RI.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Sabtu 2 Januari 2021, pada PP itu, memungkinkan biaya untuk layanan publik seperti biaya pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi [SIM] bagi masyarakat kurang mampu bisa gratis.

Dalam Pasal 1 PP yang diteken Jokowi pada 21 Desember 2020, mengatur ada 31 jenis PNBP yang berlaku di lingkungan Kepolisian RI. Memungkinkan biaya untuk layanan publik seperti biaya pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi [SIM] bagi masyarakat kurang mampu bisa gratis.

Selain itu antaralain, 1. Pengujian untuk penerbitan SIM baru, 2. Penerbitan perpanjangan SIM, 3. Pengujian penerbitan surat keterangan uji ketrampilan pengemudi, 4. Penerbitan STNK, 5. Penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor, 6. Penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor, 7. Penerbitan tanda coba nomor kendaraan bermotor, 8. Penerbitan BPKB, 9. Penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah, 10. Penerbitan SKCK.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini