Artidjo Alkostar dan Albertina Ho. cup mendapat perhatian masyarakat. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Dengan pelantikan Dewan Pengawas [Dewas] Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] oleh Presiden Joko Widodo terjawablah sudah siapa-siapa yang sebelumnya berada di kantong presiden.

Dewas KPK dilantik di Istana Negara, Jumat 20 Desember 2019. Informasi dihimpin Intipnews.com, di Istana Negara kelihatan Dewan Pengawas KPK. Mereka ialah  Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia [LIPI] Syamsuddin Haris.

Diketahui Syamsuddin merupakan salah satu pihak yang menentang perubahan UU KPK termasuk Dewan Pengawas di dalamnya. Salah satu penyebab Syamsuddin menerima tawaran tersebut karena dipilih langsung oleh Presiden.

Sebelumnya Dewan Pengawas direncanakan dipilih oleh DPR. “Saya pikir ini peluang ini menunjukan komitmen presiden untuk menunjukan pencegahan korupsi,” ujar Syamsuddin di kompleks istana kepresidenan.

Artidjo Alkostar juga masuk ke Istana Negara sebagai calon Dewas KPK. Artidjo sebelumnya menjabat sebagai Ketua Kamar Pidana MA yang banyak memperberat banding yang diajukan narapidana korupsi ke MA.

Salah satu alasan ia menerima jabatan Dewas KPK adalah karena panggilan negara. Artidjo Alkostar menegaskan adanya Dewas KPK tidak mengganggu kewenangan KPK.

“Tidak tergantung orangnya, kita profesional dan proporsional, proporsional itu penting menjaga keseimbangan supaya lembaga ini sehat dan bekerja baik,”ungkap.

Ada juga Albertina Ho yang masuk menjadi calon Dewas KPK. Albertina Ho dikenal sebagai ketua majelis hakim yang menangani perkara kasus suap pegawai pajak Gayus Tambunan. Saat ini Albertina Ho menjabat sebagai wakil ketua Pengadilan Tinggi Kupang.

Sama dengan Artidjo, Albertina menyebutkan menerima jabatan itu karena dianggap sebagai penugasan. “Ini kan perintah, kalau diperintahkan soal negara harus siap,” jelas Albertina.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu [DKPP] Harjono ada di Dewas KPK. Harjono memastikan untuk bersikap profesional dan independen agar tidak menjadi penghambat kinerja KPK. Mantan komisioner KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menjadi ketua Dewas KPK. *Itp-02

  • Bagikan berita ini

#intipnews.com

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini