Gunungsitoli-Intipnews.com:Daftar Pemilih Sementara [DPS] Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara ditetapkan sejumlah 88.859 pemilih untuk tahun 2020. Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 42.040 dan pemilih perempuan 46.819.

Penetapan DPS dilakukan Komisi Pemilihan Umum [KPU] Kota Gunungsitoli pada rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran [DPHP] dan penetapan DPS tingkat Kota Gunungsitoli pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020 di Resto Grand Kartika, Gunungsitoli, Kamis 10 September 2020 [foto].

Sebelum penetapan, Ketua KPU Firman Novrianto Gea mengatakan salah satu unsur yang sangat penting pada Pemilihan Umum [Pemilu] adalah data pemilih. Dia memberitahu, pemuktahiran data Pemilu telah dilakukan terakhir pada 13 Agustus 2020, dan selanjutanya dilakukan penyusuanan data pemilih hasil pemuktahiran tersebut untuk ditetapkan sebagai DPS.

“Walau Dps telah kita tetapkan, bukan berarti data pemilih bisa diubah apabila ada masukan dari masyarakat,” terangnya. Bahkan menurut dia, masyarakat yang belum terdaftar bisa mendaftar melalui petugas KPU atau Badan Pengawas Pemilu [Bawaslu] agar DPS dapat diperbaiki.

“DPS hanya bersifat sementara, dan KPU Kota Gunungsitoli berkomitmen jangan ada warga Kota Gunungsitoli yang memenuhi syarat tidak dapat menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Tidak lupa dia mengingatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan Partai Politik agar patuh pada protokol kesehatan pada pelaksanaa Pilkada, sehingga di tengah tengah bencana ini jangan ada kluster baru.

“Kami KPU mulai dari pusat sampai ke daerah sudah berkomitmen untuk memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya. Pada kesempatan yang sama Komisioner Bawaslu Kota Gunungsitoli Nur Aulia Lase berharap seluruh peserta rapat dapat mengikuti rapat sampai akhir.

“Harapan kami Bawaslu, walau hanya rapat ini hanya untuk menetapkan DPS, seluruh peserta mengikuti hingga selesai dan memberi tanggapan dan masukan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol) Abdul Majid Chaniago. Kaban Kesbangpol mewakili Wali Kota Gunungsitoli berharap seluruh peserta yang hadir dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka validnya data pemilu.

Untuk diketahui DPS Kota Gununhsitoli ditetapkan 88.859, dimana pemilih Laki Laki berjumlah 42.040 dan pemilih perempuan 46.819.

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini