Direksi PT EWI foto bersama dengan jajaran Pemkab Tobasa dan utusan desa, seusai melakukan pertemuan

Balige-Intipnews.com:Menindaklanjuti rencana pembangunan Perusahaan Listrik Tenaga Surya [PLTS] di Kabupaten Toba Samosir [Tobasa], Sumatera Utara, PT Eguitor Waringin Indolestari [EWI] melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Tobasa.

PT EWI bergerak di bidang Energy, melakukan kegiatan Presentasi Equitor dan Floting Solar Technology bertemu Bupati Tobasa diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Jhon Piter Silalahi.

Didampingi Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar dan Kadis Perindagkop Marsarasi Simanjuntak di Ruang rapat mini Kantor Bupati Tobasa, Kamis siang 12 Desember 2019.

Pada saat itu PT EWI mengungkapkan, pihaknya merencanakan membangun percontohan pembangkit listrik tenaga surya untuk perkantoran di 3 kecamatan di Tobasa.

Direksi PT EWI  Krisman Simorangkir dan Hendro menjelaskan saat ini, pihaknya memang berkeinginan berinvestasi di Sumatera Utara khususnya  Kabupaten Tobasa, setelah melirik  potensi Tobasa untuk energi yang sedang dicanangkan pemerintah pusat mendukung program 35.000 Megawatt.

Jadi untuk solar sistem floting, kata Krisman, ini sangat strategis dan berpotensi  membantu program pemerintah dalam pengendalian kelistrikan terutama di tempat-tempat yang belum terjangkau oleh listrik di Sumatera Utara khususnya Tobasa.

“Kami memang ingin berinvestasi di Tobasa dengan harapan birokrasi yang disampaikan cepat, murah, tidak berbelit-belit dan dipastikan oleh Pak Jokowi untuk memudahkan berinvestasi,” kata Krisman.

 PT EWI Berinvestasi Energi di Tobasa

Berharap baik Pemprovsu, Pemkab Tobasa akan mempermudah berinvestasi, sambung Krisman, PT EWI akan memulai pembangunan  1 megawatt  sampai 10 megawatt untuk tahap ujicoba dan akan diserahkan ke rakyat dengan cuma-cuma.

Kedua Direksi di PT  EWI ini mengungkapkan nilai Investasi sekitar 217 miliar lebih akan segera dikucurkan bila izin telah resmi didapat. Krisman menjelaskan akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Pertama dengan PLN dan juga kementerian terkait supaya mereka dibantu dalam hal proses perizinan yang tentunya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. “Juga masih akan di diskusikan di titik-titik mana  akan di bangun, dengan tidak mengganggu pariwisata di sekitar Danau Toba, “ katanya lagi.

Menanggapi hal itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi, sangat menyambut baik dan mendukung rencana PT EWI yang bermarkas di DKI Jakarta itu, akan berinvestasi di bidang energi di Tobasa.

4 Desa Percontohan Listrik Tenaga Surya

”Kita akan mendukung dan  terkait dengan administrasi  yang diperlukan untuk mendapatkan izin dari pemerintahan pusat , Pemkab Tobasa bersama Bupati Darwin Siagian akan membantu. Sebab ini akan mendukung ketersediaan energi di Tobasa dan juga sangat ramah lingkungan,” sebut Jhon Piter.

Sementara Kadis Perindagkop Marsarasi Simanjuntak SP melihat keseriusan PT EWI ini,  untuk mau berinvestasi di Tobasa sudah nampak dengan segera akan membangun percontohan di 4 desa yang tersebar di 3 Kecamatan Porsea, Silaen, Balige.

“Kita sangat mengapreasi keseriusan mereka (PT EWI red), untuk memenuhi kebutuhan energy terutama di Kabupaten Tobasa kita ini,” ucap Marsarasi berharap segera terwujud.

Pertemuan ini turut dihadiri Camat Porsea Robert Manurung, Camat Balige Pantun Pardede, Jajaran Dinas Perindagkop Tobasa, dan utusan dari 4 desa sasaran percontohan listrik tenaga surya.

  • Laporan Manuala Tampubolon
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini