Puluhan Media Online Digugat Ke Pengadilan Negeri Stabat

40
Puluhan Media Online Digugat Ke Pengadilan Negeri Stabat
Foto: Istimewa

MedanIntipnews: Sebanyak 20 media online digugat ke Pengadilan Negeri Stabat oleh warga Desa Besilam Lembasah, Kecamatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat. Penggugat atas nama Susilawati Sembiring, 43 tahun, warga Dusun VII Bukit Dinding, Desa Besilam Lembasah, Langkat, ini merasa terintimidasi atas pemberitaan sekitar 28 media online.

Perihal bermula pada sidang 10 Agustus lalu, dimana pelapor yang dalam sidang tersebut diduga memberikan keterangan palsu, sehingga hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) melakukan penyelidikan. 

“Jadi sama sekali tidak ada penetapan bahwa Susilawati Sembiring sebagai tersangka,” demikian ungkap penasihat hukum penggugat, Togar Lubis SH dari Lubis Nasution dan Rekan, Selasa (14/9) di Medan. 

Perintah tersebut dituangkan Majelis Hakim PN Stabat melalui surat bernomor 405/Pid.B/2021/PN stbt tertanggal 13 Agustus 2021.

Herannya, tambah Togar, pascakeputusan tersebut, media-media online menuliskan bahwa Susilawati ditetapkan majelis sebagai tersangka. 

Sebetulnya, melalui Togar pula, upaya membuat hak jawab sudah dilakukan, tapi tidak satu pun dari media-media online itu yang meresponsnya. Bahkan, media-media tersebut kembali menulis yang tidak mengonfirmasi sama sekali ke Susilawati.

“Kita sudah kirim Hak Jawab melalui email pada 22 Agustus silam. Tapi tidak bersambut,” kata Togar lagi. 

Akibat  pemberitaan tersebut, Susilawati mengalami depresi. Ia bahkan sempat hendak melakukan bunuh diri dengan cara meminum racun.

“Itulah kenapa kemudian kita gugat, terutama pada media online yang belum terverifikasi Dewan Pers. Tapi ada 5 media yang sudah diverifikasi Dewan Pers, kita ajukan penyelesaiannya melalui Dewan Pers,” ujar Togar lagi.

Puluhan media online yang digugat tersebut dasar hukumnya adalah Pasal 1365 KUHPerdata, setiap orang yang melakukan perbuatan melanggar hukum diwajibkan untuk mengganti kerugian yang timbul dari kesalahannya tersebut. * Itp-dal