Hatice Cengiz & Jamal Khasoggi. Foto Istimewa

Direktur CIA yakin Khashoggi dibunuh di dalam konsulat atas perintah putra mahkota, PBB juga menyatakan Arab Saudi bertanggung jawab. Namun Putra Mahkota Arab Saudi membantah,…

Wasington-Intipnews.com:Pembunuhan terhadap wartawan dan kolomnis Jamal Khashoggi berbuntut panjang. Tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz mengajukan gugatan di pengadilan Amerika Serikat [AS] dengan tuduhan bahwa putra mahkota Arab Saudi telah memerintahkan pembunuhan terhadap Khashoggi.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman digugat di pengadilan federal AS terkait kematian Jamal Khashoggi. Pengacara yang mewakili Hatice Cengiz dan Democracy for the Arab World Now, Inc., atau DREAM, mengajukan gugatan terhadap putra mahkota dan lebih dari 20 orang yang diduga sebagai rekan konspiratornya di Washington.

Gugatan tersebut menegaskan pengadilan yang adil di Arab Saudi tidak mungkin dilakukan dan berpendapat putra mahkota dan 20 tersangka lainnya yang dituduh terlibat dalam pembunuhan itu harus menghadapi dakwaan di AS.

“Tujuan gugatan ini yaitu pertanggungjawaban bagi para pelaku penyiksaan keji dan pembunuhan Khashoggi, jurnalis dan advokat demokrasi berbasis di AS. Serta untuk menentukan kebenaran melalui proses peradilan,” kata Keith M Harper.

Keith adalah mantan duta besar AS mewakili penggugat dalam kasus ini sebagai partner firma hukum Jenner & Block sebagaimana dilansir Washington Times, Rabu 21 Oktober 2020.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini