QRIS BI Standarisasi Pembayaran Aman, Mudah dan Cepat

0
2
BI Sumut menyebut, QRIS standarisasi pembayaran aman, mudah dan cepat

DeliserdangIntipnews.com: Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia [KPw BI] Provinsi Sumatera Utara [Provsu] Sukoewardojo menyampaikan QRIS adalah standarisasi pembayaran yang menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia untuk lebih menjamin proses transaksi aman, mudah serta cepat.

Hal itu diungkapkan Sukoewardojo saat sosialisasi penggunaan serta manfaat Quick Response Code Indonesia Standard [QRIS], untuk seluruh jemaat di Gereja HKBP Immanuel, Patumbak, Deliserdang, Minggu, [30/5/21].

Sosialisasi dilakukan KPw BI Provinsi Sumut Sukoewardojo, dihadiri KPw BI Sulawesi Utara [Sulut] Arbonus Hutabarat, Regional Consumer Banking Head Bank BRI Wilayah Sumut, Oscar Hutagaol dan disambut hangat Pdt German serta Pengurus Gereja HKBP Patumbak dan perwakilan dari Gereja HKBP Deliserdang dan Medan.

“Saat ini sudah banyak sistem pembayaran dalam bertransaksi menggunakan digital seperti OVO, Go-Pay, E-Money, dan lainnya. Maka, dengan adanya QRIS atau QR Code yang nantinya satu QR Code untuk semua pembayaran,” ucap Sukoewardojo.

QRIS merupakan salah satu implementasi dari sistem pembayaran Indonesia [SPI] 2025. SPI memerlukan dukungan inovasi teknologi bagi pengembangan perekonomian secara digital. QRIS atau QR Code digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking.

Jadi HKBP Immanuel Patumbak segera memakai QRIS dalam setiap transaksi. Sehingga jika ingin memberikan kolekte [persembahan], sumbangan atau persepuluhan di gereja tidak perlu lagi dengan sistem tunai.

“Ketika kita ingin memberikan bantuan untuk membantu di gereja HKBP Immanuel, tidak perlu lagi repot menyerahkan secara manual, namun cukup menggunakan aplikasi QR Code maka transaksi sudah langsung masuk ke rekening gereja ini,” papar Regional Consumer Banking Head Bank BRI Wilayah Sumut, Oscar Hutagaol.

Sesudah penyerahan dilaksanakan, juga uji coba QRIS kepada jemaat yang hadir di halaman Gereja dipandu pegawai Bank BRI. Dengan melalukan transaksi seribu rupiah dan bagi yang berhasil melakukan transaksi diberikan bantuan sembako.

Dengan pemanfaatan QRIS di gereja semakin mempercepat transaksi dalam bentuk sosial. “Dari mana saja pun dan kapanpun tidak harus pada hari minggu jemaat bisa memberikan bantuan pada gereja-gereja yang diinginkannya.

  • Itp-04