Rakor Covid 19, Menag: Pemda Harus Tegas Cegah Kerumunan

0
3

AsahanIntipnews.com:Pemerintah daerah [Pemda] setempat harus tegas untuk mencegah hal-hal yang menimbulkan kerumunan. Menteri Agama [Menag], Yaqut Cholil Qoumas, juga menyampaikan agar pengurus tempat ibadah wajib menunjuk petugas khusus yang selalu mengingatkan para jamaah untuk melaksanakan Prokes saat beribadah.

Hal itu diungkap Menteri Agama saat rapat koordinasi [Rakor] terkait penegakan disiplin protokol kesehatan [Prokes] dan penanganan Covid 19 secara virtual [foto], di Aula Melati Kantor Bupati Asahan Sumatera Utara, Senin Mei 2021. Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Asahan, Sumatera Utara diwakili Sekretaris Daerah John Hardi Nasution.

Menteri Dalam Negeri [Mendagri] Muhammad Tito Karnavian menegaskan, penanganan Covid 19 tidak boleh sampai kendor dan kita belajar dari kasus India. Awalnya terjadi karena adanya kegiatan keagamaan yang protokol kesehatannya tidak ketat sehingga terjadi ledakan Covid 19 di sana.

Di momoen ini, “Presiden menyampaikan agar kita lebih Waspada, karena akhir-akhir ini banyak sekali kegiatan-kegiatan masyarakat yang mulai memicu terjadinya kerumunan,” ujarnya. Ketua Satuan Tugas Covid 19 Doni Monardo menyebut, tren kematian akibat Covid 19 dalam sebulan ini mulai naik di beberapa daerah.

eskipun angka kesembuhan secara nasional relatif meningkat, tetapi untuk kasus positif Covid 19 masih lebih tinggi daripada kasus sembuh. “Di beberapa daerah telah terjadi peningkatan kasus aktif Covid 19. Setelah di analisis, sebagian besar peningkatan kasus Covid 19 berada di wilayah Sumatera. Tentunya hal ini harus menjadi atensi bagi kita semua,” ungkap Doni.

  • Itp-06