Sergai-Intipnews.com:Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] RI terpilih periode 2019-2023, Lili Pintauli Siregar, SH, MH menyebut jika banyak manfaat yang dapat dicapai oleh daerah yang mampu mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi [WBK] dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani [WBBM].

Antara lain mendorong proses pelaksanaan pembangunan yang transparan dan tidak diskriminatif sehingga dampak pembangunan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hal itu dikatakannya pada Rapat Koordinasi [Rakor] Forkopimda Kabupaten Serdangbedagai [Sergai] bersama pimpinan KPK terpilih [foto], Rabu 4 Desember 2019. Untuk meningkatkan koordinasi antar pimpinan daerah dan institusi sekaligus menyambut HUT Sergai ke-16 pada 7 Januari 2020.

Bupati Sergai H Soekirman memperkenalkan profil daerah Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Baik dari segi demografis, geografis dan prestasi yang telah diraih.

Lili Pintauli memaparkan materi bertema ‘mewujudkan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih [good and clean governance]’.

“Ada 9 prinsip yang harus diterapkan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik yaitu partisipasi masyarakat, penegakan hukum, tranparansi, pemerintah yang responsif, berorientasi pada konsensus, keadilan, efektivitas-efisiensi, akuntabilitas serta adanya visi yang strategis,” ungkap Lili.

Kesemua itu, tambahnya, harus diperhatikan secara serius untuk menjamin good governance yang berorientasi pada pembangunan nasional. Arah kebijakan reformasi birokrasi, lanjut Lili, adalah pembagunan aparatur negara untuk meningkatkan profesionalisme dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik.

Hadir pula dalam rakor ini Ketua DPRD Sergai Riski Ramadhan, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, Kapolres Tebingtinggi AKBP Sunadi, Ketua TPPKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman dan lainnya.

  • Laporan M Yamin Nasution
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini