Sergai-Intipnews.com:Bupati Serdangbedagai (Sergai) Ir H  Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten [Sekdakab] Sergai, Sumatera Utara, HM Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri rapat kerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah [SAKIP] Kabupaten Sergai bertempat aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Seirampah, Selasa 11 Agustus 2020 [foto].

Bupati menyebut implementasi SAKIP sejalan dengan arahan Presiden pada berbagai kesempatan yang menyampaikan instansi pemerintah harus berorientasi pada outcome, bukan lagi output.

“Melalui SAKIP, Pemerintah Daerah fokus pada pencapaian prioritas pembangunan daerah dengan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, monitoring serta evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten secara berkala,” sebut Bupati.

Melalui Sekdakap, Soekirman memberitahu hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019, Kabupaten Sergai masih memperoleh nilai 64,32 dan diganjar predikat  B.

Namun di tengah kondisi pandemi Covid 19, Bupati menyebut perencanaan dan penganggaran mengalami perubahan. Ia menambahkan, perubahan perencanaan harus tetap memperhatikan indikator kinerja utama atau IKU perangkat daerah.

Menghadapi evaluasi SAKIP tahun ini agar lebih difokuskan terhadap strategi perubahan perencanaan dan refocusing anggaran terkait dengan kondisi pandemi Covid 19. “Untuk itu saya mengajak saudara untuk mempersiapkan bahan evaluasi  dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bupati.

* Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini