RDP DPRD: Banyak Supermarket Liar di Medan

0
97

Medan-Intipnews.com:“Saat ini banyak Supermarket penjual makanan maupun buah yang tidak memiliki izin [liar], sementara cabangnya banyak tersebar di wilayah Kota Medan. Jadi kalau bisa segera diambil tindakan terukur,” tegas Siti Suciati.

Hal itu terungkap saat berlangsung rapat dengar pendapat [RDP] Komis 3 DPRD Medan [foto], Selasa 11 Februari 2020. RDP dihadiri Kepala Dinas Badan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kota Medan Qamarul Fatah bersama Sekretaris Ahmad Basnuddin.

RDP dipimpin Erwin Siahaan, bersama Edward Hutabarat, Hendri Duin, Siti Suciati, Netti Yuniati Siregar, Irwansyah. Duin kemudian mempertanyakan, saat ini banyak bangunan cafe tidak mempunyai izin usahanya.

“Sampai sejauh mana Dinas Pelayanan Satu Atap atas perizinan mereka tersebut, “ kata Duin. Menjawab hal itu, Qamarul menjelaskan Dinas Pelayanan Satu Pintu merupakan pelayanan perizinan saja, sementara kalau IMB ada di Teknis dari PPKPR.

“Penerbitan ijzin ini akan mengacu kepada rekomendasi dari seluruh dinas terkait,” terangnya. Sementara Edward Hutabarat mempertanyakan, selama ini apa kendala yang sering dihadapi di lapangan dalam penindakan tegas baik yang dilakukan Satpol PP.

Qamarul kembali menyebut, proses pengurusan IMB itu sebenarnya hanya memakan waktu sekitar 21 hari kerja. Tak jarang masa pengurusan inilah yang sering dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mencari keuntungan pribadi.

“Setahu kami kalau konsultan yang mengurus tidak boleh dari PNS. Dan yang perlu diketahui kalau izin lingkungan iti tidak dikenakan biaya apapun,” ucapnya. Dan waktu pengurusan Amdal sekitar 4-5 bulan.

“Masalah izin pratama kesehatan itu akan kita lakukan peninjauan langsung terkait IPAL nya. Sementara izin Hotel harus ada rekomendasi izin dari Dinas Pariwisata,” urai Qamarul.

Menurut Siti Suciati sepengetahuannya peraturan saat ini, perusahaan yang dahulu sudah memiliki izin operasional harus kembali mendaftarkan perusahaan tersebut ke Dinas terkait. Kalau bisa setelah akhir Juli 2020 adalah batas maksimal pendaftarannya. *Itp-03

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini