Tim Gugus Tugas Covid 19 Aceh Utara mempersiapkan pemakaman terhadap seorang pejabat di Aceh Utara yang meninggal dunia setelah reaktif Covid 19. Foto Istimewa

Lhokseumawe-Intipnews.com:Seorang pejabat Aceh Utara, Munawar meninggal dunia setelah reaktif Covid-19 di RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jumat 18 September 2020. Kemudian jenazah dibawa pulang ke Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara.

“Sebelumnya, MN dirawat di Rumahsakit Sakinah Lhokseumawe dengan keluhan sesak nafas. Saat dirawat, hasil rapid test menunjukan reaktif sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia [RSUCM] Aceh Utara pada Kamis [17/9/2020],” ujar Humas RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jalaluddin MKes, Sabtu 19 September 2020.

Sepekan yang lalu juga seorang wanita asal Kecamatan Matangkuli juga meninggal di RSUD dr Zainoel Abidin Banda Aceh setelah positif Covid 19, kemudian jenazahnya dibawa pulang ke Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara untuk dikebumikan secara protokol kesehatan.

Munawar adalah staf ahli Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia di Kantor Bupati Aceh Utara. Sebelumnya, juga pernah menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Aceh Utara, sebagaimana dilansir Serambinews.com.

Disebutkan Jalaluddin, Munawar mengalami penyakit kencing manis (diabetes millitus), hipertensi dan juga pneumonia. Hasil rapid test yang dilakukan pasien juga reaktif. Sesampai di RSU Cut Meutia juga sudah diambil sampel cairan hidung untuk uji swab. Namun, pihaknya belum menerima hasil.

“Sampel untuk uji swab sudah kita kirim Litbangkes, sehingga membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Sedangkan sebelumnya hasil swab bisa diketahui dalam satu hari, tapi karena stok alat tersebut tempat kita sudah habis,” ujar Jalaluddin.

Setelah dilakukan protokol kesehatan terhadap pasien kemudian diserahkan kepada tim Gugus Penanganan dan Percepatan Covid-19 Aceh Utara untuk dikebumikan. “Karena reaktif, prosesnya tetap harus mengikuti protokol kesehatan terhadap jenazah,” ujar Humas RSU Cut Meutia.

Selain Munawar, dua hari sebelumnya juga seorang PNS yang bertugas sebagai perawat di Puskesmas Cot Girek Aceh Utara meninggal di RS Putri Bidadari Langkat, Medan. *Itp-18

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini