Ribuan Warga Kisaran Timur Belum Urus Akte Kelahiran

5
Ribuan Warga Kisaran
Ribuan warga Kisaran Timur Bbelum urus akte kelahiran

AsahanIntipnews.com:Ribuan warga Kisaran Timur belum urus akte kelahiran. Demikian diungkapkan Kadis Dukcapil Asahan Supriyanto, di sela pelaksanaan sosialisasi akte kelahiran dan KIA, di Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kamis [10/6/21). “Di sini diperlukan kerjasama antara pemerintah dan kecamatan,” kata Suprianto.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil] Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, melaksanakan sosialisasi akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak [KIA] kepada lurah dan perangkat lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur di aula Abdi Praja, Kamis [10/6/21).

Plt Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur Rahmat Hidayat Siregar, mengatakan sosialisasi menambah pengetahuan tentang pentingnya kepemilikan akte kelahiran dan KIA bagi masyarakat Asahan.

Kepada para lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur beserta perangkatnya, dibantu dengan Ketua TP PKK kelurahan harus jemput bola dalam membantu masyarakatnya mengurus akte kelahiran dan KIA.

Sehingga tidak ada lagi masyarakat di Kecamatan Kota Kisaran Timur yang tidak memiliki kartu identitas tersebut. Setelah dilakukan pengurusan, lurah dapat menyerahkan administrasi tersebut kepada Ketua TP PKK Kecamatan agar ditindaklanjuti.

Sementara Kepala dinas [Kadis] Disdukcapil Asahan H Supriyanto, menyebut sangat mengapresiasi Kecamatan Kota Kisaran Timur yang bertekad menjemput bola.

Ribuan warga Kisaran Timur belum urus akte kelahiran, Supriyanto menambahkan, dalam setiap pengurusan administrasi kependudukan masyarakat tidak ada dikenakan biaya [gratis]. Maka masyarakat diharapkan dapat segera mengurus administrasi kependudukannya.

Kepada para lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur, Supriyanto berharap lebih mengaktifkan perangkatnya, terutama Kepling untuk mendata masyarakat [warganya] yang belum memiliki administrasi kependudukan.

Selanjutnya Supriyanto juga menyampaikan harapannya kepada Plt Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur dan lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur agar menjadi Kelurahan yang tertib Adminduk. Artinya di Kelurahan tersebut seluruh masyarakatnya telah memiliki administrasi kependudukan.

Supriyanto pun mengingatkan kepada seluruh lurah agar berhati-hati dalam menerbitkan surat keterangan bagi masyarakatnya. Terutama bagi masyarakat pendatang yang berusia di atas 18 tahun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Di momen ini seluruh lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur mengatakan siap mendukung program tersebut, dan siap pula membantu mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan.

  • Itp-06